by

Pengertian Tentang VPS, Apakah Aman Digunakan?

Foto Ilustrasi

DIMENSINEWS.CO.ID – JAKARTA.

Beberapa hari terakhir ini jagat netizen digemparkan dengan adanya pembatasan penggunaan media sosial (medsos) oleh pemerintah, khususnya Kemkominfo dengan alasan antisipasi penyebaran berita hoax yang berkembang liar di masyarakat.

Namun, sebagian masyarakat masih dapat mengakses media sosial degan menggunakan aplikasi VPS yang dapat diunduh secara gratis (free) dari layanan aplikasi di Google Play Store.

Akan tetapi ada keraguan dan kekhawatiran bagi sebagian pengguna aplikasi tersebut. Untuk itu DimensiNews mencoba memberikan penjelasan tentang VPS dari sumber idcloudhost.com.

VPS (Virtual Privat Server) adalah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat. Secara global VPS sering digunakan untuk Cloud Computing, Software Bot, Menjalankan Software robot forex (untuk trading), dsb.

VPS juga dapat diartikan sebagai sebuah metode untuk mempartisi atau membagi sumber daya atau resource sebuah server menjadi beberapa server virtual. Server virtual tersebut memiliki kemampuan menjalankan operating system sendiri seperti layaknya sebuah server. Bahkan Anda dapat me-reboot sebuah server virtual secara terpisah (tidak harus mem-reboot server utama).

Kita dapat mengendalikan VPS ( Virtual Privat Server ) dengan Remote Access Dekstrop atau biasa disebut pengendali jarak jauh, dengan menggunakan aplikasi seperti Putty untuk yang menggunakan OS windows dan Terminal untuk Linux.

Dasar-Dasar VPS

Berikut adalah informasi dasar yang bisa anda ketahui lebih lanjut mengenai VPS :

  • VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah.
    VPS memiliki processes, users, files dan menyediakan full root access.
    Setiap VPS mempunyai ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri.
    VPS dapat melakukan konfigurasi file untuk sistem dan aplikasi software.
    Setiap VPS dapat memiliki system libraries atau mengubah menjadi salah satu system libraries yang lain.
  • Setiap VPS dapat delete, add, modify file apa saja, termasuk file yang ada di dalam root, dan menginstall software aplikasi sendiri atau mengkonfigurasi root application software.
  • Dalam sebuah VPS, resource server yang alokasikan adalah meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage atau ruang penyimpanan.
  • Spesifikasi sebuah VPS itu sendiri berbagai macam, baik dari segi Hard disk, memory nya, jenis prosesor nya, pilihan operasi sistemnya (Windows/Linux/ dan sebagainya). VPS sudah terhubung dengan internet selama 24 jam dengan kecepatan tinggi agar setiap user bisa dengan mudah mengaksesnya. VPS biasanya diakses melalui komputer pribadi menggunakan software Remote Desktop Connection (RDC) yang biasanya sudah tersedia di operasi sistem WINDOWS.
  • VPS dilengkapi dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem dan sebagainya. VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah memiliki processes, users, files dan menyediakan full root access. Setiap VPS mempunyai ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri. VPS juga dapat melakukan konfigurasi file untuk sistem dan aplikasi software.
  • Dengan VPS Anda sebagai pengguna tidak perlu lagi merawat Server Virtual ini, karena perusahaan penyedia VPS akan merawat secara berkala serta mengupgrade OS, RAM, dsb.

Untuk pengguna di Android dengan menggunakan aplikasi VPS gratis sebaiknya menggunakan User Name dan Pasword demi menjaga keamanan dan privasi data di perangkat android anda. (RN/idchc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed