by

Mengentaskan Kemiskinan Melalui Ketrampilan Kelompok

DimensiNews.co.idHALMAHERA TENGAH.

Untuk menindaklanjuti program Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Hi Joko Widodo dan Hi Jusuf Kallah (Jokowi-Kallah), Kementerian Ketenaga Kerjaan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja Kabupaten Halmahera Tengah Tahun Anggaran 2017 berlangsung di Kantor Desa Nurweda Kecamatan Weda Kamis, (16/11/2017) pukul 9.00 Wit menggelar pembekalan kepada seluruh peserta kelompok Fatutfiye dalam rangka mendorong usaha empat kelompok di desa setempat untuk lebih produktif lagi.

Kegiatan penciptaan wirausaha melalui Tenaga Kerja Wanita (TKW) Direktorat Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri (PTKDN) Kementerian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Dinas Tranmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Halmahera Tengah ini dalam rangka menindaklanjuti program Presiden dan Wakil Presiden untuk mengentaskan kemiskinan di wilayah timur. Untuk itu, kegiatan penciptaan wirausaha terhadap Tenaga Kerja Wanita (TKW) ini ditingkatkan didalam negeri Kabupaten Halmahera Tengah.

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Kepala Seksi Hubungan Industrial Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemkab Halteng, Mujid Haruna sekaligus merangkap sebagai pemateri. Selain itu juga Kabid Industry Disperindagkop dan UKM Pemkab Halteng Nilawati Delma ST.

Kabid Industry Disperindagkop dan UKM Pemkab Halteng, Nilawati Delma ST dalam pemaparannya menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa struktur masyarakat kita ini harus dirubah, karena anggapan masyarakat cari uang itu bagi orang yang memiliki SDM saja, padahal yang tidak memiliki SDM pun bisa mencari uang seperti kegiatan ketrampilan yang sejak lama dilakukan empat kelompok di desa Nurweda ini,” katanya.

Untuk itu melalui kegiatan ini kami akan memberikan motivasi kepada seluruh kelompok untuk menindaklanjuti program Presiden dalam rangkan mengentaskan kemiskinan, dan berharap juga kepada Pemerintah Desa agar dana Desa khusus anggaran pemberdayaan itu lebih besar dari pagu program fisik, hal ini tujuannya untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Halteng,” harapnya.

Jumlah peserta kelompok yang hadir sebanyak 60 orang dengan kegiatan yang sama. Namun kegiatan dilakukan dua kali ditempat yang sama pula. Dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Nurweda Tamsil Salideng didampingi Bendaharanya Maimuna Kasantaru, menyampaikan suport atas tindaklanjutnya program pemerintah yang berkeinginan mendorong ketrampilan Tenaga Kerja Wanita di Kecamatan Weda ini. Olehnya itu harapannya kepada seluruh peserta mengikuti pembekalan ini dengan tekun untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang berguna bagi banyak orang,” pintah Kades Nurweda.

Selain itu hadir juga PPTK dari Dinas terkait yaitu Wardi Amin, kegiatan ini sudah di programkan oleh Kementerian Tenaga Kerja RI sejak lama, kami hanya berharap kepada peserta untuk mengikuti arahan dari pemateri, jika belum memahami apa yang disampaikan pemateri dipertanyakan lagi agar lebih dipahami,” harap Wardi Amin.

Kegiatan tersebut juga di hadiri dua staf Dinas Tranmigrasi dan Tenaga Kerja Pemkab Halteng yakni Silfaridia Marpaung dan Irsad Djailan dalam rangka pengambilan dokumentasi dan pelaporan kegiatan tersebut. (Ode)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed