oleh

TNI Bantu Padamkan Kebakaran Lahan di Blang Panyang

DimensiNews.co.id, LHOKSEUMAWE – Jajaran TNI dari Kodim 0103 Aceh Utara dan Korem 011 Lilawangsa ikut membantu memadamkan kebakaran lahan di perbukitan ilalang di Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Senin (13/7) kemarin.

Kebakaran hebat lahan di Blang Panyang tersebut tepatnya tidak jauh berada dibelakang SPBU, sehingga personil TNI/Polri, petugas damkar dan masyarakat harus bekerja ekstra untuk memadam api agar tidak meluas hingga ke permukiman penduduk dan SPBU.

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco, SH, dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (14/7) mengatakan, personil TNI di jajaran Kodim 0103 Aceh Utara ikut membantu memadamkan kebakaran lahan di Blang Panyang.

Informasi kebakaran lahan itu sekira Pukul 19.00 WIB yang dilaporkan oleh masyarakat di Koramil Muara Dua, setelah mendapatkan laporan itu personil TNI dari Kodim 0103 dan Korem 011 Lilawangsa langsung meluncur ke lokasi.

“Begitu tiba tidak jauh dari lokasi kebakaran, api sudah mulai menjalar ke semak-semak dan ilalang, dan langsung menghubungi pemadam kebakaran Pemko Lhokseumawe,” tegasnya.

Sambil menunggu armada damkar tiba di lokasi, TNI bersama personil polisi dari Polsek Muara Dua dan Muara Satu melakukan pemadaman api dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Karena lokasi kebakaran lahan itu berdekatan dengan SPBU Blang Panyang sehingga TNI/Polri dan petugas damkar harus mendaki perbukitan untuk memadamkan titik api yang sudah menjalar kemana-mana,” ungkapnya.

Dan petugas pemadam sempat kesulitan untuk memadamkan api karena lokasi titik api berada di lereng perbukitin yang berdekatan dengan SPBU dan Lokasi Wisata Goa Jepang.

Sekira pukul 21.00 WIB, akhirnya api berhasil dipadamkan oleh petugas damkar milik Pemko Lhokseumawe, Aceh Utara, PT PAG dan dibantu oleh mobil water canon milik Brimob Jeulikat.

Letkol Inf Agung Sukoco, SH juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan secara sembarangan karena akan berakibat fatal jika terjadi kebakaran.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed