by

Dua Pegawai BPN Kota Malang Resmi Jadi Tersangka

DimensiNews.co.id — MALANG.

Terkait penangkapan dua orang pegawai BPN Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (02/11/2017), oleh tim Saber Pungli Mabes Polri yakni AG sebagai Kasi Penataan, dan AN yang merupakan Kasubsi Penatagunaan Lahan BPN, kini berstatus tersangka.

Sementara, penetapan tersangka kedua pegawai BPN Kota Malang ini, berdasar penyidikan oleh pihak kepolisian selama 1×24 jam sejak penangkapan.

Namun demikian, kasus ini masih didalami, sejak kapan praktik pungli tersebut dilakukan. Hal ini, seperti yang dikatakan oleh Kepala Kepolisian Resort Malang Kota (Kapolresta), AKBP Hoirudin Hasibuan, Jumat (03/11/2017) sore.

“Dalam operasi tangkap tangan (OTT ) itu didapat uang tunai senilai Rp 5 juta di ruangan AN. Nominal tersebut berdasar kesepakatan antara dua belah pihak. Uang itu diduga diberikan korban, D, agar bisa mendapatkan dokumen alih fungsi lahan seluas 1,3 hektare,” terang Kapolres.

Menurut Hasibuan, D, sudah mengurus dokumen tersebut dan jadi pada tanggal 16 Juni lalu. Namun, karena komitmen yang tidak dibayar sehingga dokumen tidak diberikan. Korban kemudian mengadu ke tim Saber Pungli Mabes Polri di Jakarta.

Ditegaskan olehnya, dalam perkara tersebut ada semacam permintaan uang di luar pembayaran resmi, dan korban merasa dirugikan lalu melapor. Akhirnya, lanjut dia, kami koordinasi dengan Mabes dan dilakukan OTT

“Yang jelas, Tim Saber Pungli Mabes Polri dan Polres Malang Kota masih berusaha menguak praktik kotor yang ada. Saya berharap, kasus serupa tidak terulang lagi dan para pejabat bisa melayani masyarakat dengan baik,” pungkas Hasibuan.

(Putut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed