by

Kasal: Kowal Harus Berkontribusi Terhadap Keberhasilan Organisasi TNI AL

DimensiNews.co.id, Jakarta, –  Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) adalah prajurit yang kehadirannya harus mampu berperan dan berkontribusi terhadap keberhasilan organisasi TNI AL. Sebagai seorang wanita militer harus mampu mengemban tugas dan tanggung sebagai pemangku kodrat wanita dan selaku wanita untuk berkarier secara serasi, selaras dan seimbang serta profesional di dalam tugasnya.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP dalam upacara peringatan HUT ke-57 Kowal yang dipusatkan di lapangan apel Brigif-1 Marinir, Bhumi Marinir Cilandak, Senin (6/1/2020).

Lebih lanjut Kasal mengingatkan, selain tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit, secara kodrati Kowal tetap sebagai wanita yang memiliki tugas utama sebagai ibu rumah tangga dan tugas lainnya dalam mendidik anak generasi penerus bangsa. Anggota Kowal juga wajib memberi dorongan dan semangat kepada suami maupun keluarga, bahwa tugas-tugas itu dilaksanakannya secara konsisten, stimultan dan profesional menjaga keseimbangan antara kedinasan dan keluarga.

Kasal juga berpesan agar seluruh prajurit Kowal sebagai wanita Indonesia harus tetap menjunjung tinggi etika, menjaga tutur kata, sikap, perilaku dan penampilan yang baik pada saat pelaksanaan tugas maupun di kehidupan sehari-hari. “ Jadilah prajurit Kowal yang militar dengan tidak meninggalkan kodrat kewanitaan sesuai dengan norma budaya dan agama serta ketentuan hukum yang berlaku” kata Kasal.

Meski diguyur gerimis dan hujan, ratusan prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dengan berseragam putih bersenjata laras panjang tak bergeming di tempatnya saat melaksanakan Upacara Militer dengan Komandan Upacara Letkol Laut (S/W) Sylviana Damayanti yang sehari-hari bertugas di Staf Dinas Informasi dan Pengolahan Data Korps Marinir (Disinfolahta Kormar). Upacara ini diikuti oleh 2 Batalyon yaitu Batalyon 1 terdiri dari 1 Kompi Perwira Menengah (Pamen), 1 Kompi Perwira Pertama (Pama), dan 1 Kompi Bintara Tinggi (Bati), sementara Batalyon 2 terdiri dari 3 Kompi Bintara Bersenjata. Seluruh Pasukan Upacara berdiri dengan latar belakang berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh Korps Marinir seperti 4 unit BMP 3F, 4 unit LVT 7 A1 dan 2 unit K61.

Di tengah hujan dan gerimis ini pun, para prajurit Kowal tetap menunjukkan performance dalam sejumlah aksi demonstrasi seperti Kolone Senapan, Bela Diri Militer, hingga Tari-tarian seperti Rampak Bedug dan Tari Genjring. Aksi ini mendapat aplaus cukup meriah dari para tamu undangan.

Usai upacara dilaksanakan pula kegiatan Purna Tugas 18 orang Kowal yang dilepas oleh Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, MH.Kes., F.I.C.D. Memperingati hari jadinya yang ke-57, berbagai kegiatan telah digelar oleh Korps Wanita Angkatan Laut antara lain, donor darah dan sosialisasi PMI, anjangsana ke beberapa Kowal yang sedang sakit, serta ziarah ke TMPN Kalibata pada akhir bulan November 2019 yang lalu.

Upacara yang mengangkat tema “Profesionalisme Kowal, Pilar SDM Unggul Untuk Indonesia Maju” ini dihadiri sejumlah pejabat TNI AL di antaranya Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M. Tr (Han), Komandan Lantamal III Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksmana Pertama TNI DR. Nazali Lempo, S.H., M.H., dan Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M. Tr (Han).(ad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed