oleh

MPW Pemuda Pancasila DKI Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

DimensiNews.co.id JAKARTA – MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta menggelar kegiatan “Penyegaran dan Pembekalan Relawan Penanggulangan Bencana PP Rescue (PPRs)”, di Sekretariat MPW PP DKI Jakarta, Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Dalam kegiatan ini, sebanyak 25 anggota Pemuda Pancasila mendapatkan materi terkait pencegahan serta penanggulangan bencana. Tidak hanya itu, para peserta juga akan dipersiapkan menjadi asisten trainer untuk membina anggota lainnya.

“Selama ini Pemuda Pancasila banyak yang menjadi relawan bencana, namun belum memiliki’rumah’. Kita berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD DKI, menginisiasi wadah khusus Pemuda Pancasila Rescue,” ujar Aldi Karmawan, Ketua Bidang SDM MPW PP DKI Jakarta.

Menurutnya, peserta gelombang pertama ini banyak yang telah terjun dalam kantong-kantor relawan seperti Tagana di bawah Dinas Sosial DKI Jakarta. Sehingga materi yang diberikan lebih kepada lanjutan. “Mereka akan menjadi asisten isntruktur di lapangan yang membantu pihak BPDB, ini penyegaran lebih ke expert,” ucapnya.

Ke depan, lanjut Aldi, Bidang SDM berharap nantinya Pemuda Pancasila Rescue bisa menjadi badan sendiri. Sehingga bisa mengkoordinir lebih baik para relawan-relawan khusus anggota Pemuda Pancasila untuk terjun membantu masyarakat yang terkena bencana.

“Bisa bencana banjir, kebakaran ataupun gempa bumi. Ya tidak hanya di DKI Jakarta, mungkin juga kita berangkatkan membantu seperti waktu gempa di Palu,” tandasnya.

Nantinya Bidang SDM MPW PP DKI Jakarta, akan membuat pelatihan penanggulangan bencana dasar dan intermedite untuk anggota dan kader di bawah enam MPC yang ada.(Dar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed