oleh

Pemaparan Asrena Kormar kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya

DimensiNews.co.id, SURABAYA- Asisten Perencanaan dan Anggaran Komandan Korps Marinir (Asrena Dankormar) Kolonel Marinir Asril Tanjung menyampaikan materi belajar kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya di Ruang Rekreasi Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yonarhanud) 2 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Jum’at (06/12/2019).

Paparan oleh Asrena Dankormar kepada Perwira Marinir Wilayah Surabaya tersebut diawali dengan paparan tentang Perpres No.66 tahun 2019 mengenai Tugas Kormar, Arah Kebijakan, Assessment, Forecasting dan Implikasi.

Pada Perpres No.66 tahun 2019 pasal 63 menerangkan bahwa Korps Marinir bertugas menyelenggarakan operasi amphibi, operasi pertahanan pantai, dan pengamanan pulau terluar strategis dalam rangka OMP dan OMSP serta operasi lainnya sesuai kebijakan Panglima.

Korps Marinir dipimpin oleh Komandan Korps Marinir yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada panglima.

Komandan Korps Marinir dibantu oleh Wakil Komandan Korps Marinir, Inspektur Korps Marinir, dan Komandan Pasukan Marinir. Susunan organisasi Korps Marinir dan satuan dibawahnya dibentuk secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian pada pasal 153 menjelaskan bahwa Korps Marinir disamping sebagai Kotama Ops sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63, juga sebagai Kotama Bin yang bertugas membina kekuatan dan kesiapan operasi satuan Marinir serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan matra laut yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut.

Kemudian dilanjutkan paparan Asrena Dankormar tentang Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di Lingkungan Kormar mengenai Struktur Organisasi RB, Bidang Penataan dan Penguatan Organisasi serta hasil yang dicapai.

Reformasi Birokrasi adalah proses menata ulang, mengubah memperbaiki dan menyempurnakan birokrasi agar menjadi lebih profesional, efektif, efisien dan produktif.

Tujuan Utama Reformasi Birokrasi itu sendiri adalah untuk membangun profil dan perilaku aparatur negara yang berintegritas tinggi, produktif dan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada publik dan masyarakat.

Hadir dalam acara Wadan Pasmar 2, Pejabat Utama Korps Marinir, Dankolatmar, Pejabat Utama Pasmar 2 serta Dankolak Pasmar 2. (Andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed