oleh

Lewat Germas, Terobosan Baru Dinkes Kabupaten Malang Menuju Sehat

DimensiNews.co.id – MALANG.

Dilihat dari letak geografisnya, wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, terdiri dari 390 desa. Setidaknya, di bidang kesehatan disiapkan 1 dokter, 1 bidan, 2 perawat di setiap RT. Untuk itu, di sisi lain, bertujuan menuju masyarakat yang sehat harus digerakkan terobosan baru.

Dalam hal ini, Selasa (31/10/2017) siang, Kabupaten Malang telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang.

Sementara, Kepala Dinas Kabupaten Malang, Abdurrahman, mengatakan paradigma masyarakat selama ini harus diubah. Rumah sakit yang selama ini menurut masyarakat adalah tempat untuk mengobati yang sakit, dirubah menjadi ‘sebelum sakit sebaiknya jaga kesehatan’.

“Karena kalau masyarakat punya paradigma kalau sakit ya berobat ke rumah sakit, sebesar apapun anggaran pemerintah untuk kesehatan masyarakat akan habis. Makanya, sebelum sakit ya diubah pola hidupnya mengutamakan kesehatan,” kata dia.

Diungkapkan olehnya, dilihat dari luasnya wilayah Kabupaten Malang, nantinya akan disediakan tenaga medis sampai wilayah RT. Dan, nantinya tenaga kesehatan itu bertugas mengunjungi rumah warga. Bagaimana pola hidupnya, dan bila ada perilaku tak sehat maka tenaga kesehatan segera mengarahkan.

“Yang pasti, peluncuran program ini didukung banyak lembaga maupun lapisan masyarakat mulai dari pihak swasta, pondok pesantren, puskesmas, dan banyak lainnya. Saya berharap, Kabupaten Malang bisa menjadi pioner Germas di Jawa Timur,” pungkas dia. (Putut)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed