by

Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di Papua Tahun Depan

DimensiNews.co.id JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengkaji peluang membangun Istana Kepresidenan di Papua. Bahkan untuk pembiayaannya bisa menggunakan APBN 2020 mendatang.

Menteri PPN sekaligus Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan, wacana ini sebenarnya telah disampaikan oleh Presiden RI Jokowi. Namun kajiannya diserahkan kepada para pihak yang membantunya.

“Nanti anggarannya bisa disiapkan untuk 2020. Kalau bangun istana, nanti ya dibangun saja, tak masalah. Tapi ya, nanti kami kaji dulu,” ujar Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan RI, Jakarta Pusat, Selasa (10/9/2019).

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menyatakan bakal membangun Istana Kepresidenan di Papua. Meskipun begitu masih ada pertimbangan masalah lahan.

“Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektar, gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini, de facto sudah diserahkan, saya diskusi dulu dengan para menteri,” ungkap Jokowi kala merespons tuntutan tokoh Papua.

Tuntutan tokoh Papua terkait pembangunan Istana Kepresidenan di Papua disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rollo. Ia menyampaikan tuntutan pembangunan istana bertujuan agar presiden juga berkantor di Papua, sehingga tidak hanya berkunjung ke provinsi paling timur di Indonesia itu.

“Terakhir, membangun Istana Presiden di Papua di Kota Jayapura. Saya berkenan dengan pesan almarhum Sukarno. Maka saya menyumbangkan lahan 10 hektar untuk dibangun Istana Kepresidenan RI. Sehingga perjalanan ke Papua, berubah dari berkunjung menjadi berkantor,” tuturnya.(DN)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed