DimensiNews.co.id JAKARTA – Devi Saputra (26) warga Kecamatan Kalideres yang baru pertama kali berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat mengaku puas dengan pelayanan dan kemudahan dalam mengurus administrasi keanggotaan baru, Rabu (28/8/2019).
Dirinya sama sekali tidak cemas akan alur pelayanan yang ada. Bahkan ia sempat terkejut ketika nomor antriannya disebut. Devi berpikiran dirinya akan lama mengantri di kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, tetapi belum mengantri 15 menit dia sudah dilayani oleh petugas loket.
“Saya baru saja datang, sudah dipanggil dan dilayani oleh petugas loket. Cepat pelayanannya. Petugas loketpun juga melayani dengan baik dan tidak berbelit-belit. Semuanya dilakukan dalam jangka waktu yang tidak lama,” tutur Devi pada saat ditemui.
Ia datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat untuk mengurus kartu dan kepesertaan bayinya yang baru lahir di Rumah Sakit Umum Daerah Kalideres. Dokter Kandungan yang menangani isterinya menyarankan agar isterinya dioperasi caesar karena terdapat penyulit pada jalan lahir bayinya.
“Isteri saya melahirkan anak kami dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Kamarnya bagus dan fasilitasnya sesuai dengan kelas rawat kami. Kemarin pagi masuk siangnya mendapatklan kamar perawatan, dan baru melahirkan hari ini,” jelas Devi.
Selama menjalani perawatan Devi dan keluarga tidak pernah mendapat masalah, baik mengenai administrasi yang dibutuhkan, prosedur pelayanan, kamar perawatan, operasi caesar, dan perawatan pada bayinya. Semuanya berjalan dengan lancar dan aman.
“Kami tidak perlu membayar apapun untuk pelayanan kesehatan yang diberikan pada isteri dan anak saya. Semuanya gratis. Begitu juga dengan obat yang harus dikonsumsi oleh isteri saya, tidak bayar lagi. Penanganan tenaga medis pun cepat dan tanggap saat isteri saya datang,” jelas Devi.
Menurut Devi, selain pelayanan yang cepat baik di rumah sakit maupun di kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Devi menilai petugas BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat memperlakukan ia dengan baik. Mulai dari mengambil dan mengisi formulir, memenuhi berkas persyaratan, dan menuju loket yang sesuai.
“Dari satpam sampai ke petugasnya semuanya baik kepada kami. Istilahnya kami dikasih unjuk agar tidak salah dan berkas dalam kondisi lengkap ketika menuju loket. Jadi kami merasa terbantu dengan sikap mereka. Kami jadi tidak perlu bertanya kepada orang lain, cukup ke petugas yang berjaga saja,” ungkap Devi.
Devi menegaskan papan pengumuman yang dipasang di sekitar loket pelayanan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat sudah baik dan informatif. Peserta akan dengan mudah memahaminya. Devi berharap BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat mampu mempertahankan pelayanan kepada peserta dan BPJS Kesehatan dapat senantiasa membantu peserta mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.
“Ribet dan bingung kalau tidak ada BPJS Kesehatan. Kami merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS yang hadir pada saat kami membutuhkannya,”tutup Devi.
Laporan Wartawan : Hery Lubis