Antisipasi Kenaikan dan Kelangkaan Komoditas Jelang Iduladha, Pemkot Intesifkan Peran TPID

  • Bagikan

TANGSEL – Guna mencegah terjadinya kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok jelang Iduladha. Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya meningkatkan peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang digelar di Ruang Display, Puspemkot Tangsel, Ciputat. Senin (28/06).

Pilar mengatakan bahwa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh TPID haruslah jelas. Mulai dari pemantauan, monitoring serta evaluasi atas harga dan ketersediaan stok barang pokok dan penting. Lalu, melaksanakan koordinasi dan menjalin komunikasi dengan pihak terkait, antisipasi jika terjadi ketidakstabilan harga.

“Dan melaksanakan operasi pasar secara terpadu bersama perangkat daerah, instansi terkait,” ujar Pilar.

BACA JUGA :   PT. Dada Indonesia Berhenti Beroperasi, Ribuan Karyawan Tuntut Hak yang Belum di Penuhi

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa TPID harus aktif mengarahkan masyarakat baik di kalangan petani, pengelola UMKM dan koperasi untuk memanfaatkan teknologi digital dalam proses pemasaran.

Selain itu, TPID juga harus mendorong peningkatan daya beli masyarakat, dan mengatasi permasalahan pengangguran dengan kolaborasi dan sinergi bersama.

“TPID yang beranggotakan lintas sektoral dapat mengkolaborasikan lintas sektor dengan 4K, yaitu Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi yang efektif,” tutupnya.

Penulis: Andik ESEditor: Renoto Sirengga
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.