Rencana Penghapusan Honor, Bupati Sarolangun Minta Para Honorer Jangan Khawatir

  • Bagikan

SAROLANGUN – Rencana penghapusan tenaga honorer pada tahun 2023 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) disambut baik Bupati Sarolangun Cek Endra.

Meski belum mendapati informasi pasti, Bupati Sarolangun dua periode yang akrab disapa CE itu mengharapkan, agar para honorer tidak terlalu khawatir perihal tersebut.

“Seingat saya sampai hari ini belum ada dari Kemendagri memerintahkan itu. Kita tunggu saja lah, saya pikir honorer tidak perlu khawatir,” katanya, Senin (24/1).

CE menceritakan, untuk kondisi didaerahnya kini jika tidak dibantu oleh tenaga honorer seperti guru, maka siapa lagi yang akan mendidik anak-anak termasuk pelayanan masyarakat.

CE menyakini, bahwa pemerintah akan lebih bijak dalam hal menyelesaikan itu. “Tanpa honorer dan honorer yang ada diangkat PNS itu harapan kita dari dulu,” tambahnya.

BACA JUGA :   217 Siswa PSHT Cabang Kota Tangerang resmi ikuti ujian kenaikan tingkat

CE mengungkapkan, dilingkup Kabupaten Sarolangun ini masih sangat kekurangan jumlah PNS. Lanjutnya, mulai dari guru-guru yang ada di daerah terpencil kadang kala hanya ada satu yang berstatus PNS.

“Sekarang honorer daerah kan dibayar dengan dana daerah, bukan dari pusat. Sedangkan honorer yang jadi tenaga itu juga dibebankan kepada daerah,” ujarnya.

Menurut CE mungkin, kebijakan ke depan ini untuk memastikan bahwa beban biaya pegawai honorer dikembalikan ke daerah dan Sarolangun telah melakukan itu.

Selain itu, CE memastikan dalam prinsipnya jika pelayanan masyarakat telah didukung oleh jumlah PNS barulah tidak memerlukan honorer.

“Kalau sekarang guru kita masih kurang, staf kita masih kurang di daerah terpencil itu. Juga tenaga medis kita, perawat, bidan desa yang aslinya PNS tidak sampai 20 persen,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Kabar Gembira UMKM, Plaza Banten Sodorkan Bagi Hasil Menggiurkan

Honorer juga ditugaskan melayani masyarakat, termasuk pelaksanaan vaksinasi yang disebutnya banyak dimiliki peran honorer.

“Jangan hanya menyudutkan honorer, pelayanan masyarakat dan pemerintah juga terbantu dengan para honorer,” tutupnya.*(Sanu)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.