oleh

Stop SBS, Lurah Pekojan Bangun Sanitasi Tangki Septik Untuk Warganya

DimensiNews.co.id — JAKARTA.

Salah satu upaya dalam meningkatkan dan merubah kebiasaan masyarakat untuk tidak melakukan BAB di Kali Lurah Pekojan Tri Prasetyo Utomo memberikan solusi kepada masyarakat dengan cara membangun Tangki Septik up Flow Filter MCK umum untuk warganya di beberapa lokasi di wilayah Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

“Pembangunan Tangki Septik MCK Umum tersebut salah satu solusi sebagai tindak lanjut dari Permenkes No.3 Tahun 2014 tentang pengelolaan sanitasi dan Setop Buang Air Sembarangan (SBS) bagi seluruh warga Jakarta,” kata Lurah Pekojan Tri Prastrio Utomo saat meresmikan MCK di Pos RW.02, Pekojan, Kamis (23/11/2017).

Jpeg

“Pembangunan tangki septik bersekala SNI  ini dilakukan atas kerjasama Kelurahan Pekojan dengan United States Agency International Development (USAID) Untuk pertama kali sebagai percontohan se-DKI Jakarta di Kelurahan Pekojan, Jakarta Barat,” jelasnya lagi.

“Dengan Adanya sarana  sanitasi Tangki Septik Atau lebih dikenal warga MCK seperti ini diharapkan dapat merubah perilaku kebiasaan warga untuk tidak BAB di sembarang tempat seperti di saluran air dan kali yang selama ini terjadi, Dengan demikian pola hidup sehat di lingkungan warga bisa lebih terjaga, apalagi di wilayah Kelurahan Pekojan ini terbilang sangat padat penduduknya, sepitank tangki septik berskala SNI ini menjadi solusi mengubah perilaku masyarakat tersebut,” tambahnya.

“Untuk sementara ini baru dua lokasi, yang satu sudah selesai berlokasi di pos RW 02 yang kita resmikan, yang satunya sedang dikerjakan dalam waktu dekat akan selesai dikerjakan. Di sini warga juga mendapatkan penyuluhan pelatihan bagaimana cara membuat dan mengelola sanitasi tangki septik oleh tenaga ahli. Bahkan rencananya kedepan wilayah Kelurahan Pekojan ini kita akan buatkan sentra produksi pembuatan tangki septik SNI sebagai kegiatan industri kreatif warga Kelurahan Pekojan,” pungkasnya.

(HL/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed