Arus Mudik 2019 Lancar Sistem Contraflow dan One Way Efektif Atasi Kemacetan

Photo : Gerpang Tol Kalikangkung

 

 

Dimensinews.co.id NASIONAL – Arus Mudik Lebaran 2019 diakui masyarakat pemudik sangat lancar karena Adanya Tol Trans Jawa sangat membantu kelancaran Arus mudik tahun 2019.

Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan,Kita bersyukur kepada Allah SWT karena arus mudik tahun ini saya belum mendapat laporan adanya hal-hal yang terlalu menonjol.

“Arus mudik dengan adanya menuju ke Jawa Timur, ke Jawa Tengah, semua relatif lancar dengan adanya satu infrastruktur Trans Jawa. Itu sangat membantu sekali,” kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

Kapolri mengatakan telah mengecek bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sampai ke Jawa Timur. Hasilnya, lalin relatif bagus aman dan lancar

“Kemacetan sedikit mungkin ada di pintu jalan tol, terutama yang keluar mau ke Cirebon ya,” ujarnya.

Selain itu, penerapan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan one way atau satu arah di Tol Trans Jawa, juga efektif. Bahkan one way diberlakukan dari Km 70 Tol Cikampek Utama sampai Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, yang panjangnya mencapai 400 km.

“Ya itu, begitu terjadi kepadatan, dilakukan contraflow, sebagian jalan dipakai untuk arus menuju Jawa. Kemudian dilakukan juga ketika kepadatan meningkat, dilakukan one way. Bahkan one way terpanjang sampai Semarang, namanya Gerbang Tol Kalikangkung, itu 400 km,” ujarnya.

Lanjut Kapolri, tidak ada laporan yang menonjol soal mudik. Selain itu, kondisi kamtibmas di Indonesia juga relatif stabil.

“Secara umum situasi stabilitas kamtibmas relatif bagus ya selama operasi Mantap Brata yang dilakukan mulai tanggal 29 sampai hari ini relatif stabil seluruh Indonesia.

Hanya satu ada kejadian yang menonjol, yaitu kasus percobaan bom bunuh diri di Kartasura, tapi sudah kita lakukan penyidikan dan penyelidikan. Sudah tahu nama pelakunya,” pungkasnya.(red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial