oleh

TMMD Kodim Bojonegoro, Ponkesdes Ngrancang Dan Jatimulyo Dapat Bantuan Paket Toga

Bojonegoro – Dalam rangka mendukung adanya Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa) di Desa Jatimulyo dan Ngrancang, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke 110 Kabupaten Bojonegoro, memberikan bantuan tanaman Obat Keluarga (Toga).

Bantuan paket Toga tersebut, diberikan ke masing masing Ponkesdes Desa Jatimulyo sebanyak 1 paket, dan Ponkesdes Desa Ngrancang sebanyak 1 paket yang langsung dikirim oleh Satgas TMMD.

Kegiatan penyerahan bantuan Paket Toga ke Ponkesdes ini, dihadiri oleh Babinsa Desa Ngrancang, dan Jatimulyo, Kades Desa Ngrancang dan Desa Jatimulyo, serta Danramil Tambakrejo dan juga Kepala Puskesmas Tambakrejo bertempat di halaman Ponkesdes Ngrancang, yang disambut senam akupresur oleh kader Asman (Asuhan Mandiri) Toga  Desa Ngrancang.

Disampaikan oleh Danramil Tambakrejo Kapten Inf Jamari, bahwa kelompok asuhan mandiri merupakan ujung tombak dalam memasyarakatkan kesehatan tradisional.

“Peran kader asuhan mandiri sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kesehatan tradisional yang sejatinya merupakan warisan leluhur kita,” ujarnya.

Diharapkan dengan diadakan kegiatan bantuan paket Toga ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membudidayakan tanaman obat dan juga meminta peran aktif masyarakat untuk melakukan upaya pengobatan secara mandiri, agar masyarakat semakin terampil dan tidak selalu bergantung pengobatan kimia.

“Pemanfaatan tanaman obat keluarga dan akupresur merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh kader asman. Toga merupakan sumber obat yang mudah, murah, dan aman digunakan untuk mengurangi gejala penyakit-penyakit ringan. Sedangkan ketrampilan akupresur diperlukan karena aman dan mudah dilakukan oleh sendiri oleh masyarakat,” pungkas Kapten Inf Jamari.

Pada kesempatan ini, anggota Satgas TMMD yang hadir dalam acara penyerahan paket Toga ini juga dipersilahkan melihat Toga, serta kue kue dan minuman yang berhasil dibuat dan berasal dari bahan Toga, dan kader Asman menjelaskan secara singkat beberapa manfaat Toga bagi kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed