Penilaian 10 Lomba Program Pokok PKK Tingkat Kota Tikep Berakhir

TIDORE KEPULAUAN – Penilaian Lomba 10 program Pokok PKK tingkat Kota Tidore Kepulauan telah berakhir pada kamis (14/3). Sebanyak 8 Desa/Kelurahan di 8 Kecamatan peserta lomba telah mendapat kesempatan mengikuti penilaian yang dilakukan Tim dari PKK Kota Tidore Kepulauan.

Selama 7 hari, sejak Senin (4/3) lalu, Tim Penilai yang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Tidore Ny. Hj. Sulama A. Ibrahim bersama Sekretaris Dinas PMD Selvia M. Nur  dan para tim penilai turun langsung di semua Desa/Kelurahan masing-masing diikuti Kelurahan Seli Kecamatan Tidore, Kelurahan Tosa Kecamatan Tidore Timur, Kelurahan Tomalou Kecamatan Tidore Selatan, Kelurahan Rum Balibunga Kecamatan Tidore Utara, Desa Selamalofo Kecamatan Oba Selatan, Desa Tului Kecamatan Oba, Desa Fanaha Kecamatan Oba Tengah dan Desa AkekulanoKecamatan Oba Utara.

Penilaian lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Tidore
diawali di empat desa di daratan oba, masing-masing  Desa Selamalofo pada hari senin, (4/3), Desa Tului pada hari selasa,  serta Desa Akekulano dan Desa Fanaha pada hari rabu. Untuk di empat Desa/Kelurahan di pulau tidore dimulai dari Kelurahan Tosa pada, senin (11/3), Kelurahan Seli pada hari selasa, Kelurahan Tomalou pada hari rabu dan ditutup Kelurahan Rum Balibunga pada hari kamis.

Pada penilaian ini masing-masing Desa dan Kelurahan berupaya menonjolkan kesiapannya di berbagai bidang baik administrasi, Pencegahan KDRT, Pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Pelaksanaan PHBS, Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga), Posyandu dan sebagainya.

Seusai penilaian, Tim penilai menyampaikan hasil evaluasi secara terbuka kepada para pengurus PKK Desa/Kelurahan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing Desa dan Kelurahan. Secara umum tiap-tiap peserta lomba telah berupaya maksimal bahkan ada beberapa peserta yang menurut tim penilai telah bekerja dengan sangat baik dan memperoleh nilai sempurna untuk bidang-bidang tertentu.

Tim penilai mengatakan bahwa penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan bagi para peserta, namun lebih kepada upaya untuk lebih meningkatkan kinerja PKK selaku mitra pemerintah Kota dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua TP-PKK, Ny. Sulama A. Ibrahim pada setiap kesempatan penilaian mengatakan kegiatan ini merupakan program pemerintah baik pusat dan Daerah yang tujuannya agar dapat mengevaluasi dan mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh TP-PKK di semua jenjang atau tingkatan dalam mendukung program pemerintah guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, Sulama menambahkan pembenahan pembenahan ini seharusnya bukan semata mata dilakukan pada saat lomba seperti ini, akan tetapi dilaksanakan setiap saat sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat di sekitarnya.

Pada kesempatan ini, Hj. Sulama menyampaikan apresiasi kepada para pengurus PKK baik tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang secara bergotong royong bahu membahu menata Desanya untuk lebih siap mensukseskan lomba 10 Program Pokok PKK. Khusus kepada tim penilai yang dengan sabar melaksanakan tugas melakukan penilaian walaupun harus menempuh lokasi dan waktu yang cukup jauh.

Sementara Sambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakata Desa (PMD) yang disampaikan Sekretaris Dinas PMD Selvia M. Nur mengatakan, sebagaimana yang diamanatkan pada peraturan Presiden Republik Indonesi Nomor 99 Tahun 2017 dan Peraturan menteri dalam negeri Nomor 1 tahun 2013 bahwa pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK, sasaran peberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK adalah keluarga di Pedesaan dan Perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan mental, spiritual dan fisik material.

Setelah dilakukan penilaian ini, dalam beberapa bulan kedepan Tim penilai akan kembali turun ke Desa/Kelurahan peserta lomba untuk melihat dan mengukur sejauh mana hasil evaluasi tim penilai dapat dilaksanakan oleh para peserta. Selain itu dapat diketahui apakah materi lomba yang telah dinilai oleh TP-PKK Kota Tidore Kepulauan murni merupakan hasil partisipasi masyarakat atau hanya ditampilkan peserta untuk menghadapi lomba saja.

Desa/Kelurahan peserta lomba 10 Program Pokok PKK ini nantinya akan ditentukan satu pemenang yang akan mewakili Kota Tidore Kepulauan pada lomba 10 Program Pokok PKK di tingkat Provinsi Maluku Utara.

Laporan Reporter : Hms/Aman
Editor :R.SS

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.