oleh

Tiap 3 Jam Sekali Petugas Medis Akan Mengukur Suhu Tubuh Penumpang KA

DimensiNews.co.id, MADIUN – PT. Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun terus melakukan peraturan yang cukup ketat yakni pelaksanaan Protokol Kesehatan baik di area stasiun maupun di atas kereta api (KA) baik jarak dekat maupun jauh.

Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengungkapkan setiap calon penumpang yang hendak berpergian menggunakan moda transportasi KA, baik jarak dekat maupun jauh berstatus sehat yakni bersuhu tubuh kurang dari 37,3 derajat celsius.

Karena pada proses boarding, harus menunjukkan tiket serta identitas/KTP penumpang kepada petugas boarding. Namun jika sudah menjalani pemeriksaan dokumen, maka setiap penumpang KA melakukan scan tiket. Tentunya langkah ini, demi meminimalisasi kontak fisik antara penumpang dengan petugas.

“Untuk memastikan kesehatannya, petugas akan mengukur suhu tubuh para penumpang di atas KA setiap 3 jam sekali. Penumpang yang kedapatan bersuhu 37,3 derajat celsius atau lebih dan kemungkinan” mengalami gejala Covid-19, maka penumpang ini akan segera dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta,” jelasnya, Sabtu 18 Oktober 2020.

Menurutnya bila mana kondisi penumpang KA itu, memang perlu penanganan segera? Pihaknya akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat, yang memang memiliki fasilitas pos kesehatan. Bagi para penumpang selama perjalanan di atas KA di wajibkan untuk memakai masker dan face shield (penutup wajah) yang sudah diberikan oleh PT KAI.

“Face shield atau penutup wajah ini, wajib digunakan oleh setiap penumpang KA hingga keluar dari area masing-masing stasiun kedatangan di kota tujuan. Untuk itu, kami menghimbau para penumpang untuk tetap memperhatikan Protokol Kesehatan dengan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) serta membawa hand sanitizer pribadi,” katanya.

Ixfan Hendriwintoko menambahkan yang harus dilaksanakan warga atau pelanggan setia yakni menjaga kesehatan, berolahraga, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

“Bahkan tidak ragu untuk melaporkan kepada petugas, jika tiba-tiba selama perjalanan di atas KA merasa tidak sehat,” tambahnya.*all

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed