by

Viral, Ada Negeri di Atas Awan di Puncak Tambalo Timbola Bungo

-RAGAM, WISATA-2,938 views

DimensiNews.co.id, BUNGO- Puncak Tambalo Timbolasi, Dusun Sangi, Kecamatan Bathin III ulu, Kabupaten Bungo, Jambi, ramai dikunjungi masyarakat untuk melihat keindahan bukit yang dipenuhi kabut serupa awan menjelang sang surya terbit. Fenomena alam ini kemudian dikenal masyarakat dengan sebutan “negeri di atas awan”.

Dari pantauan DimensiNews pada Jumat (26/6/2020) bersama crew jelajah wisata alam Boedhak Boengo yang melakukan perjalanan ke Puncak Tambalo Timbolasi, sebelum mendaki bukit parkir kendaraan terlebih dulu. Untuk mobil dikenai biaya Rp 30 ribu dan motor Rp 10 ribu.

Tim mendaki bukit yang sangat terjal dengan jarak tempuh sekira 2 Km. Untuk melihat fenomena alam tersebut, tim memulai perjalanan sejak subuh sekira 05.00 WIB.

“Ya bang untuk mendaki bukit ini butuh tenaga yang sangat ekstra, karena perjalan ini 2 kilo baru sampe ke atas. Kami berjalan mulai jam 5.00 subuh pagi tadi untuk melihat sunrise dan awan yang indah di pagi hari, kalau sudah siang tidak ada nampak lagi awannya,” ujar Rama Aqilla, salah satu pengunjung.

Lain lagi dengan Aan, salah seorang warga Bungo yang rela bermalam di atas bukit demi melihat keindahan “negeri di atas awan” itu. Selain membutuhkan tenaga ekstra untuk mendaki, ia juga tak lupa membawa perbekalan banyak selama camping di atas bukit.

“Wisata di sini sangat bagus dan untuk mencapai ke atas memang butuh tenaga yang sangat ekstra fit dan kalau mau camping di atas bukit harus bnyak bawa bekal,” jelas Aan.

Ia mengaku senang dapat menyaksikan fenomena alam “negeri di atas awan”. Selain udaranya segar, juga terdapat banyak spot foto yang ciamik untuk disimpan di galeri media sosial.

“Sangat memuaskan naik ke puncak ini untuk merefresh otak dan mencari udara segar. Tempat ini banyak spot untuk berfoto dan di puncak ini ada 2 spot. Puncak pertama bisa melihat pohon-pohon yang di atasnya ada awan yang sangat indah dan spot kedua kita harus mendaki lagi sekitar 30 menit, di sana kita bisa melihat Gunung 7 Kerinci,” ungkapnya.

Selain wisata “negeri di atas awan”, menurut Madi warga Dusun Marigeh, di sekitar kawasan Puncak Tambalo Timbolasi juga terdapat banyak obyek wisata lainnya diantaranya, objek wisata pemandian Pulau Cinto, Pulau Asmara bebatuan dan air sungai yang sangat jernih dan segar.

Seperti diketahui, kecamatan ini memiliki objek wisata 4 air terjun yaitu, Telago Jando, air terjun tingkat dan 2 lagi belum diketahui namanya.

“Saya sendiri punya tempat wisata pemandian yang baru saya buka bernama pulau Asmara di Dusun Marigeh. Di sini bisa berenang, mandi dan tempat camping, dan saya juga menyewakan tenda untuk camping. Setiap hari Sabtu ramai pengunjung datang dan camping di sini,” terangnya.  (Barax)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed