oleh

Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1441 H Digelar Secara Virtual Jumat Sore

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1441 H akan digelar resmi oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat sore ini (22/5/2020). Sidang isbat ini sekaligus menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2020.

Namun, sidang isbat tahun 2020 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sidang isbat kali ini akan digelar secara virtual atau online dari Kantor Kemenag di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Hal ini dilakukan karena kondisi darurat akibat wabah virus corona yang tengah melanda Indonesia.

“Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim, dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Selain itu, perwakilan unsur pemimpin ormas Islam juga turut menghadiri sidang isbat tersebut melalui aplikasi daring. Sidang penentuan lebaran tahun 2020 itu dipimpin langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Diketahui, ada 80 titik yang akan dijadikan pos pengamatan hilal atau rukyatul hilal yang tersebar di 34 provinsi.

Tahapan sidang isbat tidak jauh berbeda sebagaimana saat menentukan awal bulan Ramadhan lalu. Sesi pertama dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan pemaparan posisi hilal oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Selepas Magrib, sidang isbat akan digelar secara tertutup yang dipimpin Menag. Kemudian dilanjutkan dengan laporan hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik se-Indonesi

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” tutupnya.

Sementara itu, Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020. Keputusan ini tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah No.01/MLM/I.0/E/2020 yang menyebut ijtimak jelang Syawal 1441 H terjadi pada Sabtu Wage, 23 Mei 2020, pukul 00.41.57 WIB.

Berdasarkan hasil hisab tersebut, PP Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada hari Ahad Kliwon, 24 Mei 2020. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed