by

Cegah Penyelewengan, Pengadaan Logistik Medis di Sarolangun Diawasi 3 Lembaga Penegak Hukum

DimensiNews.co.id, SAROLANGUN- Sebelum didistribusikan ke sejumlah rumah sakit, pengadaan logistik alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis di Kabupaten Sarolangun diperiksa terlebih dulu oleh tiga lembaga pengawas yaitu, kejaksaan, inspektorat, dan polisi, Senin (18/5/2020).

Seperti diketahui, pengadaan barang atau peralatan terkait penanggulangan Covid-19 telah dibelanjakan Dinas Kesehatan Sarolangun, yang anggaran belanjanya telah mencapai miliaran rupiah.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Harta, mengungkapkan pihaknya telah membelanjakan anggaran penanganan Covid-19 sebanyak Rp 1,7 miliar dari total Rp 2,1 miliar.

Angka itu direalisasikan berupa barang seperti masker 1.500 box, masker skuba untuk masyarakat 20 ribu pcs. Selanjutnya alat pelindung diri (APD) sebanyak 400 set dan disinfektan 500 liter, serta handsanitizer 400 botol.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim kejaksaan, pihaknya siap mendistribusikan ke masyarakat, Puskesmas dan Posko Covid-19.

“Setelah pemeriksaan akan diatur sesuai permintaan Puskesmas dan Posko, juga masyarakat,” katanya.

Untuk selanjutnya, sisa anggaran tersebut akan digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan Covid-19.

“Kita minta petunjuk Pak Bupati dulu, kita kembalikan dulu ke kas daerah dan yang belum kita beli perlengkapan jenazah Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Kasi Datun Kejari Sarolangun, Dasril mengatakan, pihaknya selaku jaksa ditugaskan pemerintah untuk mendampingi kegiatan menyangkut pengadaan logistik terkait Covid-19.

Ia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait. Hal tersebut menyangkut prosedur khusus, karena hal jni merupakan penanganan yang bersifat darurat.

“Prosedur yang tidak biasanya, karena ini darurat,” ujarnya.

Hingga kini, pihaknya belum menemukan temuan dari awal mengawasi pengadaan barang, hanya saja ia mengimbau agar pihak dinas terkait melakukan audit.

“Kita meminta dinas melakukan audit lagi, apakah memang harga itu merupakan harga riil, karena harga sewaktu waktu bisa berubah,” ujarnya. (sanu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed