by

Polres Lhokseumawe Laksanakan Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19

DimensiNews.co.id, LHOKSEUMAWE- Jajaran Polres Lhokseumawe, Jumat (17/4) pagi melaksanakan rangkaian kegiatan simulasi penanganan jenazah Covid-19 mulai dari rumah sakit hingga tata cara proses pemakaman yang sesuai dengan protokol Covid-19.

Simulasi penanganan jenazah Covid-19 itu diikuti oleh sebanyak 10 personel polisi berlangsung di Pos Terpadu Penanganan Covid-19, Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Pemko Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan, S.I.K., melalui Kompol Ahzan, S.I.K., kepada sejumlah wartawan mengatakan, kegiatan simulasi penanganan jenazah Covid-19 yang diikuti oleh 10 personel itu untuk mengantisipasi jika ada jenazah yang meninggal akibat virus corona.

“Dengan ada simulasi ini, maka personel akan dilatih bagaimana cara mengurus jenazah saat berada di rumah sakit hingga jenazah dimakamkan,” tegas Kompol Ahzan.

Ia menambahkan, berdasarkan beberapa peristiwa penolakan pemakaman jenazah Covid-19 oleh warga di sejumlah tempat, maka akan dipersiapkan personel polisi yang akan menangani pemakaman jenazah sesuai dengan protokol Covid-19 yang sudah ditetapkan.

“Jika sampai peristiwa penolakan itu terjadi maka personil polisi yang sudah mengikuti sumulasi itu akan diperintahkan untuk menangani jenazah hingga ke pemakaman,” katanya.

Kompol Ahzan juga menjelaskan tahapan penanganan jenazah Covid-19 mulai dari menerima informasi dari rumah sakit, lalu personel dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) menjemput jenazah dengan menggunakan Ambulance lalu memakamkan jenazah di pemakaman yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah.

“Simulasi penanganan jenazah juga diberikan pelatihan tentang fardhu kifayah bagi jenazah, azan dan doa sebelum jenazah dimakamkan,” ungkapnya.

Setelah melakukan proses pemakaman, para personel yang bertugas akan kembali ke rumah sakit untuk dilakukan penyemprotan di seluruh badan, lalu membuka APD secara pelan-pelan hingga mencuci tangan mereka.

“Meski simulasi penanganan jenazah Covid-19 sudah dilakukan oleh polisi, namun kita berharap kepada warga Lhokseumawe dan sekitarnya agar jangan sampai terpapar virus corona dan selalu mengikuti anjuran pemerintah dalam penanganan Covid-19,” harap Ahzan. (Halim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed