by

Ridwan Kamil Ajukan PSBB Juga Diterapkan di Bodebek

DimensiNews.co.id, BEKASI – Setelah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyetujui PSBB (Pembatasan Sosial Skala Besar) di Jakarta, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat juga akan segera mengajukan PSBB di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

Ia mengajukan PSBB yang sama dengan DKI Jakarta karena wilayah Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi berdekatan dengan DKI Jakarta.

“PSBB sedang kita fokuskan untuk Jabodetabek dulu, Jakarta saya dengar hari ini ada persetujuan maka Jawa Barat akan menyamakan polanya untuk kota dan kabupaten yang berdekatan dengan yang namanya Jakarta,” ujar Ridwan Kamil, Selasa (7/4/2020).

Ridwan mengatakan dengan disetujuinya PSBB yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, penting bagi daerah penyangga bersinkronisasi dengan Jakarta. Alasannya, penyebaran virus corona di Indonesia sebanyak 70% di kawasan Jabodetabek.

“Tidak bisa kalau hanya DKI Jakarta yang melakukan PSBB, sementara yang lain tidak melakukan jadi itu disinkronkan hari ini,” ujar Ridwan.

Ridwan sebelumnya mengatakan menyiapkan data sebagai argumentasinya sebelum pengajuan PSBB.

“Bila datanya tidak lengkap, susah melengkapi argumentasi PSBB kepada pemerintah pusat,” kata dia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo juga menyatakan penerapan PSBB di Jakarta perlu terintegrasi dengan wilayah di sekitarnya seperti Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor.*(Ayu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed