by

Mulai Jumat Besok, Wilayah Junrejo Kota Batu Berlakukan Physichal Distance

DimensiNews.co.id, BATU-Mulai besok, Jumat (3/4/2020), pintu utama dari timur untuk memasuki wilayah Kota Batu, tepatnya di Kecamatan Junrejo berlaku Physical Distance. Ini dilakukan, untuk memutus jaringan Covid-19 dari daerah yang dinyatakan zona merah.

Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana, menjelaskan berdasar usulan dalam rapat teknis kordinasi tengah disetujui diberlakukannya Physichal Distance. Ini dilakukan, faktor utamanya bahwa di wilayah Kecamatan Junrejo angka ODP dan ODR merangkak naik.

“Diberlakukannya Physichal Distance di wilayah Kecamatan Junrejo, tercatat di 12 titik pintu masuk menuju Kota Batu,” ujar dia, Kamis (3/4/2020).

Lokasi desa yang dilakukan Physihal Distance itu, menurut dia, jalan masuk menuju Kota Batu diantaranya Desa Pendem, Dadaprejo, Junrejo, dan Tlekung. Alasan pemberlakuan tersebut, tambah dia, karena masih banyak masyarakat yang keluar rumah.

Camat Junrejo, Kota Batu, Arief Rachman Ardyasana

Bahkan, Arief juga menjelaskan, dari kesepakatan Physichal Distance ternyata program tersebut sama dengan jadwal Polres Batu di hari yang sama dilaksanakan di tingkat kota.

“Beberapa titik, yang lalu lalangnya tinggi terutama di Jalan Junrejo dengan Jalan Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang menjadi perhatian khusus, lalu kedua, di Desa Pendem dan Desa Tegal Gondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang belakang UMM (Universitas Muhamadiyah Malang). Kedua titik perhatian ini, dijaga Linmas, Koramil, dan Polsek, kemudian jalan poros dijaga satgas kota, dan sisa titik yang lain diantaranya jalan desa dijaga Linmas,” urainya.

Untuk teknis pelaksanaan pertama, ditegaskan olehnya, akan diberikan pengumuman berupa tulisan besar, sedangkan pelaksanaannya mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu serta dilakukan penjagaan ketat.

“Ini memberikan efek kepada warga untuk tetap di rumah, dan kalau ada warga yang masuk lewat jalan protokol yaitu Jalan Sukarno untuk screening dari wilayah zona merah. Dan, tujuan kami utamanya untuk melindungi warga,” tandas Arief.

Seperti diketahui, dua desa di wilayah Kecamatan Junrejo yang menjadi fokus perhatian dalam Physichal Distance ini adalah Desa Mojorejo dan Beji karena angka ODP dan ODR tertinggi di wilayah Kota Batu.

Sedangkan, istilah Physichal Distance dapat berupa jarak fisik yang harus dikontrol, merumahkan diri, menjaga jarak, tidak berkerumun, tidak bersentuhan fisik, dan tidak berjabatan tangan.(Put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed