by

Kapolres Turun Tangan Selidiki Kasus Suap Caleg di Kabupaten Bungo

DimensiNews.co.id, BUNGO- Foto surat perjanjian dan transaksi antara calon legislatif (caleg) dari salah satu partai dengan anggota KPU Bungo senilai ratusan juta rupiah tahun 2019 lalu, yang beredar di media sosial Facebook mengejutkan berbagai kalangan. Foto yang diunggah oleh akun Afriansyah itu menjadi viral dan menimbulkan polemik di Kabupaten Bungo, Rabu (26/02/2020).

Kasus tersebut akhirnya menjadi sorotan Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji. Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemanggilan terhadap Afriansyah untuk dimintai keterangan terkait postingan foto transaksi salah satu calon legislatif dengan oknum Komisioner KPU Kabupaten Bungo.

Trisaksono menegaskan, kepolisian wajib melakukan penyelidikan. Karena hal ini bisa berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penyelenggara Pemilu.

“Kalau masyarakat tak percaya, nanti ujung-ujungnya konflik, kita juga yang repot. Makanya, kami akan membuka hal ini secara terang, satu persatu akan kami panggil untuk dimintai keterangannya,” jelasnya.

Tak tertutup kemungkinan kasus ini akan diproses secara hukum. Apalagi jika terbukti ada proses suap menyuap seperti yang dituduhkan Afriansyah sebelumnya.

Sementara itu, M Sanusi Komisioner KPU Provinsi Jambi menilai tindakan polisi sudah tepat dan pihaknya pun kini tengah menyelidiki kasus tersebut.

“Tim kita telah investigasi ke lapangan, kita tinggal menunggu hasil. Kalau Polres Bungo melakukan penyelidikan sah-sah saja, karena ini juga wilayah kerja mereka. Saya rasa positif saja itu,” ucap Sanusi.

Secara terpisah, Ketua KPU Bungo, M Bisri mengakui dirinya sudah mengetahui kasus yang menjadi viral tersebut. Namun, pihaknya belum bisa menanggapi kasus itu sebelum ada hasil laporan dari KPU Provinsi Jambi.

“Saya sudah mengetahui kasus viral tersebut. Apalagi saya belum bisa berkomentar banyak terkait anggota saya yang diduga menerima setoran uang pada Pileg 2019, dan saya juga disuruh menunggu hasil pasca laporan ke pimpinan KPU Provinsi Jambi,” katanya. (Barax)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed