oleh

Penataan Ulang Puslatpur Kodiklatad Rampung 100 Persen, Diresmikan Dankodiklatad

DimensiNews.co.id, BATURAJA- Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos., telah meresmikan penataan ulang daerah Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad yang berada di wilayah Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa kemarin (11/2/2020).

Penataan daerah latihan Puslatpur ini dilakukan karena kondisi medan latihan tempur TNI AD ini kurang mewadahi dan di dalam sektor untuk manuver pasukan terdapat jalur rel kereta api batubara, serta belum tersedianya fasilitas latihan yang memadai sesuai doktrin dan perkembangan alutsista modern.

Melihat kondisi seperti itu, Dankodiklatad berinisiatif untuk membenahi Puslatpur yang berada langsung dibawah Kodiklatad. Pada tahun 2018 lalu, Kasad telah mengijinkan untuk diadakannya perjanjian kerjasama antara TNI AD dengan PT Bukit Asam Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) tentang Pemberian Bantuan Dana Corporate Social Responsibility (CSR) mengenai relokasi dan penataan daerah latihan TNI AD di Puslatpur Kodiklatad Baturaja.

Menurut Putranto, penataan ulang daerah latihan ini, menghasilkan beberapa perubahan yang baik, seperti rahlat yang ada sekarang dapat mengakomodasi gerakan manuver tingkat Brigade Tim Pertempuran dengan lebih leluasa. Selain itu medan latihan yang dipakai tidak lagi mengganggu aktivitas kereta api pengangkut batu bara, sehingga dapat mensukseskan Ketahanan Energi Nasional. Medan latihan dibuat se-ideal mungkin untuk pergerakan pasukan infanteri dengan satuan mekanisnya, mulai dari pasukan Kavaleri dengan Tank, serta Satbanmin untuk membantu pergerakan pasukan depan.

Putranto menambahkan adanya pembangunan menara tinjau yang lebih tinggi, sehingga dapat melihat rangkaian manuver pasukan secara keseluruhan, serta di daerah latihan ini nantinya dipasang 100 CCTV, sehingga latihan dapat termonitor dengan baik.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini memberikan dampak positif kepada profesionalisme prajurit dan tentunya TNI AD akan lebih percaya diri utk mengundang tentara mancanegara untuk melaksanakan latihan bersama”, ujarnya.

Putranto sangat mengapresiasi atas penataan ulang daerah latihan tempur ini karena menurutnya, selain untuk mempersiapkan Latihan Antar Kecabangan (Latancab) Kartika Yudha pada September mendatang, penataan ulang ini juga untuk mewujudkan daerah latihan tempur bertaraf nasional seperti yang ada di Amerika. Selain itu, Puslatpur Baturaja ini juga akan dipakai dalam Latihan Gabungan TNI kedepannya, juga akan dipakai dalam melaksanakan latihan bersama Garuda Shield bersama US Army.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa proses pembangunan penataan daerah latihan Puslatpur Kodiklat Angkatan Darat telah terealisasi 100 persen sesuai dengan rencana. Untuk itu atas nama Kasad, saya ucapkan terima kasih kepada Pangdam II/Swj, Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk serta semua pihak yang telah membantu proses pembangunan penataan daerah latihan Puslatpur Kodiklat Angkatan Darat,” jelas Dankodiklatad.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dankodiklatad bersama Direktur PT Bukit Asam Tbk dan Direktur PT KAI sekaligus menandai penggunaan Aula Garuda sebagai akomodasi pelatih di Puslatpur Baturaja.

Dalam acara ini juga turut hadir beberapa petinggi penting, seperti Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa, Para Danpussen, Waasops Kasad, Para Danpusdik Kodiklatad, Danpussimpur Kodiklatad. Danrem 043/Gatam, Danrem 044/Gapo, Dandim 0403/Oku, Dandim 0427/Way Kanan, Wakil Bupati Way Kanan, Sahli Bupati OKU Timur, Asisten III Setda OKU Selatan, Kasatpol PP OKU, Kapolres OKU Timur dan forkompimda lainnya.

Dalam kesempatan ini juga dihadiri oleh Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Irwan, S.IP, M.Hum, Dirlat Kodiklatad, Brigjen TNI Harianto, Dirziad, Brigjen TNI M. Munib, S.I.P, serta beberapa pihak lainnya mendapatkan penghargaan dari Dankodiklatad atas upayanya dalam pelaksanaan penataan ulang daerah latihan, pembangunan fasilitas latihan dan akomodasi pelatih di Puslatpur Baturaja.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan adanya penandatanganan prasasti batu oleh Dankodiklatad di menara titik tinjau baru. Para tamu undangan juga berkesempatan untuk melihat secara langsung wilayah dan rute latihan dengan menaiki menara titik tinjau baru, dan juga berkesempatan untuk mengikuti penanaman pohon di sekitar titik tinjau. (Ester)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed