by

Bupati Madiun Kunjungi Makam Pahlawan Arlington di USA

DimensiNews.co.id, Amerika Serikat – Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro saat berada di Amerika Serikat (AS) berkenan mengunjungi Arlington National Cemetery di Marine Corps War Memories US, Selasa 4 Februari 2020.

Makam Pahlawan Arlington itu merupakan wilayah perbukitan, sehingga terbebas dari banjir dan tidak jauh dari Ibukota masuk wilayah Virginia. “Di sela-sela kepadatan jadwal pelajaran, saya sempatkan berkunjung ke Marine Corps War Memories US,” katanya.

Menurut Kaji Mbing (sapaan Bupati Madiun) bahwa penghormatan kepada para Pahlawan Amerika yang sangat tingggi, sehingga dipilihlah arlington. Kaji Mbing dibuat kagum, karena masyarakat Amerika Serikat begitu mencintai pahlawan pendahulunya.

“Ini adalah bukti kongkrit, bahwa USA sangat menghormati pahlawannya. Makam ditata begitu rapi, berjajar di perbukitan yang sangat luas. Tempat yang dikhususkan bagi orang-orang yang berbakti, serta berkorban jiwa raga demi kejayaan Amerika,” tuturnya.

Sertiap hari pahlawan, kata Kaji Mbing, makam Arlington dijadikan tempat berkumpul para keluarga pahlawan, masyarakat dan para pejabat Amerika Serikat. Bahkan masing-masing batu nisan itu, diberi bendera Amerika Serikat. Dikawasan ini, juga di bangun US Marine Corps War Memorial yang bisa menceritakan bagaimana Marinir USA saat berperang melawan musuh demi tegaknya Negara Amerika Serikat.

“Saya terdiam, Amerika bisa maju? Karena, Amerika tempat menghormati para pahlawannya. Orang Amerika ketika melihat kawasan Arlington, pasti dibenak pikirannya akan timbul nasionalisme. Bahkan akan muncul rasa memiliki terhadap negara ini. Negara ini tidak boleh dirusak, karena didirikan dengan pengorbanan ribuan pahlawan yang di makamkan disini,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa waktu berkunjung di kawasan Arlington sudah cukup, agenda berikutnya menunggu. “Semoga, kita semua mengambil pelajaran demi kemajuan Indonesia, khususnya Kabupaten Madiun, Jawa Timur,” tandas Kaji Mbing, penuh harap.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami Ragil Saputro saat berfoto di kawasan Marine Corps War Memorial Amerika Serikat.

Diinformasikan Bupati Madiun. H. Ahmad Dawami Ragil Saputro berada di Amerika Serikat akan menjalani berbagai kegiatan selama 23 hari. Ia menjalani kegiatan dalam rangka mengikuti International Visitor Leadership Program/IVLP.

Kegiatan IVLP adalah program pertukaran profesional yang didanai oleh Amerika Serikat, yaitu dimana para pemimpin dari seluruh dunia datang ke Amerika Serikat. Para pemimpin ini akan melakukan kunjungan singkat, serta bertemu dengan rekan profesional dan perwakilan dari organisasi sektor publik dan swasta terkait bidang yang diminati.*(all)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed