by

Antisipasi Banjir dan Longsor Jajaran Polres Batu Tanam 2000 Pohon

Kapolres Batu, AKBP Agung Prathama melakukan penanaman pohon

DimensiNews.co.id, BATU-Sebanyak 2000 pohon ditanam di seluruh jajaran Polres Batu, ini dilakukan dalam program peduli penghijauan oleh Polri. Sementara, jenis pohon yang ditanam adalah buah-buahan.

Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama, menjelaskan bahwa kegiatan yang merupakan intruksi dari Kapolri tersebut dilaksanakan serentak di seluruh jajaran hukum Polres Batu.

“Yang kita tanam ini, sebanyak 2000 pohon, tetapi yang pertama dilakukan penanaman di mako Polres dan seluruh jajaran Polsek,” kata dia, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan penghijauan yang dilakukan Polres Batu beserta jajarannya ini, menurut dia, juga mendapatkan support dari Pemkot Batu. Dalam hal ini, adalah Dinas Bina Marga Pemkot Batu.

“Kita akan bekerjasama dengan Pemkot Batu, untuk melakukan penanaman di beberapa lahan. Yang menurut penilaian kita memang sangat perlu dilakukan, mengingat cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini berpotensi menimbulkan bemcana banjir dan longsor,” jelas Harvi.

Kegiatan Polri Peduli Penghijauan ini, diungkapkan olehnya, merupakan salah satu antipasi ke depan untuk meminimalisir terjadinya bencana.

“Kita sudah mengetahui bersama, bahwa fungsi tanaman atau pohon yang ada adalah menahan air yang berada di dalam tanah. Juga sebagai penyangga tanah, di sisi lain juga menuplai oksigen,” ujar dia.

“Sehingga, dengan dilakukan penanaman pohon ini, diharapkan turut berkontribusi dalam menyetabilkan tanah dan air di wilayah Kota Batu,” tambah Harvi.

Kembali ditegaskan Harvi, penanaman pohon yang dilaksanakan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi generasi ke depan, bukan hanya untuk saat ini.

“Semoga manfaat penanaman pohon ini bisa dirasakan tidak hanya generasi sekarang, terapi yang akan datang,” pungkas dia.(put)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed