DimensiNews.co.id JAKARTA – Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia mulai dari kalangan masyarakat kecil menengah hingga kelas atas menjadi penikmat kopi.Hal itu bisa dibuktikan dari merebaknya bisnis kopi seperti kedai kopi, cafe ditengah kota hingga pinggir Jakarta.
“Bicara kopi bukan lagi menjadi tren, tapi menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan,” ujar Fredy Setiawan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan saat membuka Festival Coffee Jakarta Barat (Fest Cojakbar) di kantor Walikota Jakarta Barat, Jumat (13/12/2019)
Menurut Fredi, maraknya para pelaku usaha kopi berarti menandakan adanya peluang bisnis yang menjanjikan. Sehingga diharapkan ini akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.
Pemkot Jakarta Barat memberikan apresiasi sekaligus men-support kegiatan fest Cojakbar yang baru digelar kali pertama di kantor Walikota Jakarta Barat
“Saya memberikan apresiasi kepada teman-teman di sini yang berkolaborasi dan koordinasi untuk menciptakan brand kopi di Jakarta Barat. Banyak brand kopi di Jakarta, tapi saya ingin adanya ide-ide yang kreatif sehingga bisa menciptakan brand kopi khas Jakarta Barat,”jelasnya.
Ia pun menginginkan agar bisnis kopi ini masuk ranah pengembangan kewirausahaan terpadu yang menjadi salah satu program pembangunan Gubernur DKI Jakarta.
Fredi memaparkan, Festival Coffee Jakarta Barat, ini tidak hanya menunjukkan keahlian dalam meracik kopi, tapi juga ikut andil dalam menanggulangi permasalahan sampah di Jakarta.
Banyak cara yang dilakukan dalam upaya ikut membantu pemerintah daerah menanggulangi permasalahan sampah. Misalnya, menggunakan bahan atau kemasan kopi yang bisa didaur ulang.
“Ke depan, bila komunikasi komunitas kopi Jakarta Barat diharapkan bisa menjaga mendukung kelestarian lingkungan. Kalau ini dilaksanakan tentu menjadi program yang baik,”tambahnya.
Festival Kopi Jakarta Barat ini diisi dengan berbagai acara, seperti musik, edukasi tukar pengalaman dan pengetahuan, kompetisi kopi dan banyak lagi lainnya. (Hery Lubis)