by

Kerusuhan Papua Terindikasi Ada Campur Tangan Pihak Asing

DimensiNews.co.id JAKARTA – Kerusuhan di Papua terindikasi adanya keterlibatan pihak asing. Polri pun berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk menyingkap hal ini.

“Ada, ada (keterlibatan pihak asing). Kita tahulah kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional. Jadi kita harus menanganinya memang di dalam negeri maupun di luar negeri. Kerjasama kita dengan Ibu Menlu dan jaringan intelijen,” ungkap Jendral Polisi Tito Karnavian, Kapolri, usai acara HUT Polwan ke-71 di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Sementara Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menjelaskan penanganan secara komprehensif diperlukan dalam masalah ini. Iqbal menerangkan saat ini TNI-Polri dan seluruh stakeholder sedang memetakan sejauh mana keterlibatan asing.

“Ini kan penanganannya harus komprehensif, kami petakan. Pihak kami, jaringan intelijen dengan beberapa lembaga terkait sudah bekerja. Intinya kami tidak bisa juga menyampaikan seluruhnya di sini. Ini diplomasi antar negara,” ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, priotitas utama Kapolri adalah menjamin keamanan masyarakat di Papua dan mencegah kejadian serupa terulang. Polri menilai kerusuhan di Papua disebabkan provokasi pihak-pihak tak bertanggung jawab.

“Dikategorikan terprovokasi kan kemarin. Nah ini pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan, sedang didalami. Tentunya kalau terbukti secara hukum melawan hukum akan ditindak,” tuturnya. (BS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed