Pelayanan Publik Semakin Membaik, Kapolres Metro Tangerang Kota Diapresiasi

  • Bagikan

KOTA TANGERANG – Perubahan Pelayanan kepada masyarakat semakin baik, Polres Metro Tangerang Kota menerima penghargaan dari Lembaga Kajian Kepolisian (Lemkapi).

Penghargaan diserahkan Direktur Lemkapi DR. Edy Saputra Hasibuan dan diterima langsung Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, S.H.,S.I.K.,M.Si pada saat Apel pagi di Halaman Apel Mapolres. Senin (28/11/2022) Pagi.

Direktur Executif Lembaga Kajian Kepolisian (Lemkapi) DR. Edy Saputra Hasibuan, yang juga pernah menjabat anggota Kompolnas tahun 2012-2016, menjelaskan, bahwa kedatangannya ke Mapolres Metro Tangerang Kota untuk memberikan apresiasi kepada Polres Metro Tangerang Kota yang terima oleh Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, yang mana dalam 1 bulan terakhir ini pihaknya melakukan pemantauan sejumlah Polres di Jakarta termasuk Polres Metro Tangerang Kota.

“Kegiatan kami ini untuk menindak lanjuti perintah Bapak Kapolri dalam hal perbaikan pelayanan, yang mana seluruh jajaran Polri diminta untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik,” ujarnya.

BACA JUGA :   Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Hadiri Pembangunan RMU (Rice Milling Unit

Ia mengaku, dirinya bersama tim datang ke Polres tanpa sepengetahuan Kapolres, pihaknya melakukan pengamatan menyamar layaknya masyarakat.

“Kami datang ke SPKT, SKCK, Satreskrim yang saya nilai tempatnya nyaman untuk tamu, di Tahti juga sudah ada perubahan-perubahan, ke Pelayanan SIM, ini adalah bentuk implementasi bahwa perintah Kapolri betul-betul dilaksanakan,” paparnya.

Ia menyimpulkan bahwa Polres Metro Tangerang Kota layak mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dari pihaknya. Ia juga menilai kegiatan Jum’at keliling/Jum’at barokah yang dilakukan Kapolres sangat menarik lantaran bisa menjadi sarana langsung untuk menampung keluhan dan aspirasi warga.

Adanya pelayanan publik terpadu yang bisa mendekatkan diri ke masyarakat dan terpadu dengan instansi terkait di Car Free Day. Pembenahan ruang SPKT yang nyaman, didukung dengan no antrian berbasis IT, kelengkapan sarana disabilitas, ruang bermain anak, ruang laktasi, pojok baca, dan ruang toilet yang representif.

BACA JUGA :   Kasus Dugaan Pemalsuan Tanda Tangan di Gereja Eben Haezer Belum Ada Titik Terang

“Semakin banyak inovasi dalam memberikan pelayanan maka Polisi akan semakin baik, ditengah-tengah sorotan masyarakat. Harapan kami semoga profesionalisme terus ditingkatkan dan pelayanan yang semakin baik sehingga Polri semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Selama melakukan pengamatan Ia menilai sudah banyak pembenahan-pembenahan di Polres Metro Tangerang Kota gunq mendukung program Polri yang Presisi.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lemkapi yang telah memberikan penghargaan kepada Polres Metro Tangerang Kota beserta jajaran.

Menurutnya, penghargaan yang diterima menjadi tantangan dan motivasi kedepan untuk bisa menjadi lebih baik khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan kami akan terus meningkatan inovasi-inovasi, disamping Jum’at keliling, Subuh keliling dan Jum’at barokah kita juga mengadakan pelayanan publik terpadu di Card Free Day, SIM Corner maupun di Mall Pelayanan Publik sekaligus memperbaiki SPKT terpadu,” papar Kapolres.

BACA JUGA :   Mantan Kadinkes Kota Padangsidimpuan Divonis Hukuman 1 Tahun Penjara

Jadi, lanjut Kapolres, semua pelayanan jadi satu di SPKT terpadu tersebut. Sehingga saat masyarakat datang ke Polres tidak perlu kemana mana cukup di SPKT terpadu untuk mendapatkan pelayanan.

“Ada juga petugas Bank yang bersama-sama kita termasuk juga nomer antrian Digital, dan tahanan juga bisa ditengok dengan mendaftar secara online dan inovasi lain yang sedang kita kembangkan,” kata Kapolres.

Ia menambahkan, untuk menampung pengaduan pihaknya menyediakan command center, dan akun-akun media sosial yang disebar untuk memudahkan masyarakat untuk melakukan pengaduan, sehingga Polisi lebih mudah mengetahui permasalahan yang terjadi dan meresponnya dengan cepat.

“Ke depan kita akan terus meningkatkan pelayanan kepolisian yang sudah kita laksanakan selama ini,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.