Kewenangan Atau Fungsi Komite Sekolah SMAN 5 Tangsel Merasa Dilecehkan

  • Bagikan

TANGSEL – Carut Marut pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di SMAN 5 Kota Tangerang Selatan menuai polemik bagi orang tua calon siswa / Siswi.

Sebagian orang tua yang kecewa mengadukan hal ini ke Komite Sekolah SMAN 5.Seperti ungkapan ibu Mer kepada Dimensinews co .id jumat ( 5 / 7 / 2022 )

‘ Komite sekolah seharusnya menjadi sebuah lembaga yang menjembatani komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua calon siswa / siswi . Harapan kami terjalin sinergitas keduanya untuk mensukseskan proses pendidikan kepada semua peserta didik.

Lebih lanjut Mer menjelaskan,peran Komite Sekolah seharusnya bukan hanya sebatas pada mobilisasi sumbangan, dan mengawasi pelaksanaan pendidikan .Tetapi berani mengambil keputusan dan perencanaan sekolah yang dapat merubah pola pikir dan distribusi kewenangan atas individu sekolah.
Sehingga berdampak positif
sistem manajemen pemberdayaan sekolah.

Dia menambahkan, Komite Sekolah diatur dengan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah ditetapkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy pada tanggal 30 Desember 2016. Permendikbud 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah mulai diberlakukan setelah diundangkan oleh Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana, dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 2117 pada tanggal 30 Desember 2016 di Jakarta. Tetapi saya lihat Terkesan Komite Sekolah di kebiri oleh pihak sekolah SMAN 5 ungkapnya

BACA JUGA :   Satgas TMMD Kodim Bojonegoro Percepat Pemlesteran Dinding Gedung SD Ngrancang

Wakil Komite Sekolah SMAN 5 Hidayat menambahkan, Carut marut dan tersiarnya kabar tidak sedap di beberapa media online terkait proses PPDB SMAN 5 , sudah saya tampung dan melaporkan kepada ketua komite aduan dari masyarakat untuk kami bahas / klarifikasi permasalahan ini dengan pihak sekolah. Sesuai dengan Fungsi / kewenangan kami,

A . Memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan;

B. Menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat baik perorangan/organisasi/dunia usaha/dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif;

C . Mengawasi pelayanan pendidikan di Sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

D. Menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua/wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan Komite Sekolah atas kinerja Sekolah;

BACA JUGA :   Meriahkan HUT Bhayangkara, Ribuan Warga Pecahkan Rekor Dunia Tari di Magelang

” Bahkan dalam Tiga Tahun terakhir ini kami sebagai Komite Sekolah SMAN 5 Tangsel tidak pernah dilibatkan, dalam mengambil kebijakan sesuai dengan fungsi kami. Bahkan dalam persiapan proses PPDB sampai selesai kami tidak pernah dilibatkan ungkap nya

Masih kata dia ,kemarin ,Pagi pagi (saya red) ke sekolah SMAN 5 tetapi hanya menjumpai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Sigit mengatakan, permasalahan PPDB bukan kewenangan saya karena, saya bukan panitia dan pemangku kebijakan .

Bahkan kata Hidayat ketika dirinya meminta nomor Handphon Kepala sekolah Suhermin atau ketua panitia PPDB ( Ali Nugroho) Sigit mengatakan,dirinya tidak berani memberikan nomor nya ungkapnya sambil berlalu.

Kami sebagai komite sekolah adalah sebagai pemberi pertimbangan dan masukan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan. Karena keberhasilan pendidikan bukan cuma memerlukan peran guru, masyarakat (publik) yang diwakili komite sekolah, juga perlu dilibatkan.Karena secara kelembagaan, komite sekolah langsung dapat diawasi oleh masyarakat, posisi kepala sekolah bukan sebagai pembina, tetapi sejajar dengan komite sekolah dan bermitra dalam tata kerja di sekolah.

BACA JUGA :   Bupati Zaki Lantik Komisaris Utama BPR dan MKR

” Saya berharap keberadaan komite harus benar-benar diberdayakan di setiap sekolah. Sinergitas yang baik antara pihak sekolah dan komite sekolah menjadi modal penting agar proses pendidikan bisa berjalan dengan baik jangan seperti ini.”tutupnya.

Penulis: JhoniEditor: Hery Lubis
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.