oleh

Panglima TNI Lakukan kunjungan ke Mabesau

JAKARTA – Mengawali tugasnya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, melakukan kunjungan ke Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/11/2021).

Kedatangan Panglima TNI, yang didampingi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Eko Margiyono, M.A., disambut Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P.

Turut mendampingi Kasau, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han)., Irjenau, Koorsahli Kasau, Wadankodiklatau, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau I, Kapuslaiklambangjaau, dan Kadispenau.

Kepada Panglima TNI, Kasau menyampaikan paparan singkat terkait kesiapan operasional TNI AU. Dalam paparannya, Kasau menjelaskan pembangunan TNI AU diarahkan untuk menjadikan TNI AU sebagai Angkatan Udara yang disegani di kawasan. Untuk menjawab harapan tersebut, Kasau menegaskan TNI AU terus fokus pada peningkatan kualitas SDM TNI AU, yang direalisasikan melalui berbagai kegiatan pendidikan dan latihan.

Panglima TNI memberikan apresiasi atas penjelasan Kasau. Kepada jajaran TNI AU, Panglima TNI juga menyampaikan beberapa arahan dan penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas.

Selain secara langsung, kegiatan arahan Panglima TNI juga diikuti secara virtual oleh para pejabat utama TNI AU yaitu Pangkoopsau II, III, Dankoharmatau, Dankorpaskhas, Gubernur AAU, Danseskoau, Komandan Lanud tipe A dan para Kadis jajaran Mabesau.

Panglima TNI juga melakukan peninjauan fasilitas _Communication Data Link System (CTDLS),_ salah satu fasilitas Pusat Komando dan Pengendalian TNI AU (Puskodalau) di gedung pimpinan.

CTDLS merupakan sistem yang memungkinkan dilakukannya pertukaran data dari unit udara dan darat melalui jaringan data link. Peralatan ini terdiri dari _Airbone Unit, Base Station Unit_ dan _Command Control Unit._

CTDLS sebagai embrio _Network Centric Warfare_ (NCW) TNI AU dan bagian dari NCW TNI. NCW merupakan konsep perang berbasis jaringan yang dikembangkan untuk menjawab tantangan dalam medan peperangan yang lebih cepat, tepat dan efektif.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed