oleh

Polsek Ciledug Bekuk Pencuri Motor Gede

TANGERANG – Satreskrim Polsek Ciledug, Resort Metro Tangerang Kota membekuk tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang kerap beraksi di Kawasan Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kejadian pertama terjadi di Jalan HOS Cokroaminoto nomor 50 003/004, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, tepatnya di depan Toko Dunia Terang pada tanggal 22 Oktober 2021.

Kapolsek Ciledug Kompol Poltar L Gaol menjelaskan, pada tanggal itu tersangka AM dan HR membobol sebuah motor gede alias moge berwarna putih.

“Korban kehilangan motor jenis Kawasaki Ninja 250 FI tahun 2013. Saat itu motor ditinggal mandi oleh penjaga ruko dan hilang pada pukul 23.30 WIB. Dari kejadian tersebut, korban ditaksir merugi sampai Rp35 juta,” ungkap Poltar di Mapolsek Ciledug, Kamis (11/11/2021).

Modus dari pelaku curanmor sport ini beraksi sesuai pesanan penadahnya. sebab, diakui pelaku sulit mendapatkan motor jenis tersebut jika belum mendapatkan pemesannya.

“Biasanya pelaku sebelum melakukan aksi kejahatan nya dengan mencari terlebih dahulu pembelinya. Hingga saat ini kami masih terus melakukan pendalaman,” katanya.

Tak perlu waktu lama, Polsek Ciledug mengamankan kedua tersangka di bilangan Taman Puri Beta I, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

“Saat diamankan, AR dan B sedang menunggu diduga pembeli alias penadah motor curiannya,” jelasnya.

AR dan B ternyata tidak beraksi berdua melainkan bersama satu rekannya lagi berinisial IP yang masih jadi buron polisi. Ketiganya terpaksa melakukan kejahatan lantaran tidak mempunyai uang dan pekerjaan.

“Saat beraksi mereka bonceng tiga menggunakan motor Mio, mereka awalnya keliling Puri Beta 1 tapi karena tidak dapat sasaran akhirnya pergi menuju lokasi kejadian,” ungkapnya.

Perannya, tersangka AR membawa sepeda motor dan menyiapkan kunci T yang digunakan untuk membobol motor Ninja, kemudian tersangka HR dan IP mengawasi sekitar kejadian. Berselang sekira empat hari, kejadian serupa kembali terjadi di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kali ini dilakukan oleh tersangka HL dan EM yang juga menggunakan modus sama yakni menggunakan kunci T untuk membobol sebuah motor matik yang terparkir di pinggir jalan.

“TKP kedua pada tanggal 25 Oktober 2021 di Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan. Kita amankan pelaku tindak pidana, dan dari pelaku amankan hasil kejahatan berupa motor dan alat kejahatan berupa kunci T,” katanya.

Kejadian kedua ini terjadi di depan Klinik Mitra Bhakti IV RT/RW 002/008, Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kala itu, motor korban berupa Honda Beat tengah diparkir di depan klinik tersebut, kemudian kedua tersangka langsung beraksi cepat. Bedanya dengan kasus pertama, tersangka HL dan EM naik kendaraan umum sambil membawa kunci T sebelum mencuri motor.

“Tersangka melakukan pengamatan terhadap motor yang mau diambil dan selanjutnya mendekat motor di klinik menggunakan kunci T,” jelasnya.

Menurut Kapolsek, para tersangka yang diamankan dari dua kasus yang berbeda tersebut bukan satu komplotan.

Tapi, dua kelompok itu menggunakan cara yang sama dan di tempat yang memiliki ciri khas yang serupa yakni di pinggir jalan.

“Untuk dua TKP ini tidak satu jaringan, para pelaku kelompok terpisah yang kita amankan pada TKP kedua pada 25 oktober 2021 di kelurahan Gaga tidak berhubungan,” katanya.

Masyarakat Kota Tangerang terutama di wilayah Kecamatan Larangan dan sekitarnya pun diminta untuk waspada dan memperhatikan kendaraannya yang terparkir di pinggir jalan.

“Selalu pakai pengamanan ganda, jangan sampai lengah karena mereka mengincar kesempatan dimana kita lengah,” pungkasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka disangkakan pasal 363 ayat 1 KUHPidana junto Pasal 53 KUHPidana dengan ancaman sembilan tahun penjara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed