oleh

Peduli Lingkungan, Pushidros TNI AL Tanam Mangrove di Pantai Simboro Mamuju Sulbar

MAMUJU – Sebagai wujud peran serta dalam melindungi pantai kikis serta melestarikan lingkungan pesisir TNI Angkatan Laut menggelar Penanaman Mangrove di Pantai Simboro Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Unit Survei (5) Pusat Hidro-oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) yang saat ini sedang melaksanakan tugas survei dan pemetaan Hidro-oseanografi di Perairan Mamuju Sulawesi Barat bersama-sama dengan prajurit Pangkalan TNI AL Mamuju.

Pada kegiatan tersebut, Unit Survei (5) yang dibawah pimpinan Letkol Laut (KH) K. Imam Fatoni, menanam bibit Mangrove sebanyak 150 pohon yang diperoleh dari Area pembibitan Mangrove Pulau Karampuang, yakni pulau yang terletak di seberang daratan Kota Mamuju.

Menurut Komandan Unit Survei (5) Letkol Laut (KH) K. Imam Fatoni Bibit, mangrove yang ditanam di Pantai Simboro dengan tipe dasar laut Lumpur, diharapkan akan dapat bertahan hidup hingga dapat melindungi pesisir pantai dari erosi di Musim Angin Barat,Selain juga dapat menjadi media habitat bagi biota laut pesisir.

Mangrove merupakan tumbuhan yang memiliki perakaran yang kuat dan kokoh sehingga dapat bertahan dari terjangan gelombang. Bagi ekosistem laut, Mangrove dapat dijadikan tempat pemijahan ikan, tempat hidup burung, serta dapat mengurai limbah organik dari laut serta membantu proses penguraian limbah minyak di permukaan laut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed