oleh

Semakin Banyak Masyarakat di Vaksin, Dapat Menurunkan Tingkat Penularan Covid-19

MADIUN – Lagi, masyarakat Kabupaten Madiun “gerakan bermasker” mendatangai Markas Polres Madiun bahkan dilaporkan juga ke sejumlah Polsek jajaran. Melalui pos penjagaan personil Polres Madiun, setiap warga bermasker ini mendapatkan izin memasuki area steril protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 hingga menuju GOR Tunggal Panaluhan Polres setempat.

Ternyata setiap warga bermasker itu mendatangi di GOR tersebut yakni untuk memenuhi undangan penyelenggara vaksinasi tahap 2, yang sebelumnya mereka juga telah mendapatkan vaksinasi tahap 1.

Disela-sela kunjungan pemantauan kegiatan vaksinasi itu, Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan berkenan berdialog dengan masyarakat yang tengah antri menunggu giliran vaksin tahap 2. Dalam kesempatan itu, Kapolres mengajak serta mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi Prokes Covid-19 ‘walaupun sudah mendapatkan vaksiansi tahap 1 dan 2.

Karena disiplin Prokes Covid-19 seperti Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Memakai masker, Menjaga jarak, Membatasi mobilitas dan Menjauhi kerumunan atau 5M sangatlah penting demi menjaga kesehatan diri, keluarga, tetangga maupun orang lain. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya penularan maupun penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah hukum Polres Madiun.

Sebab seseorang yang sudah mendapatkan vaksin, belum sepenuhnya kebal dari ancaman virus menular tersebut. Kemungkinan masih memiliki resiko tertular atau terinfeksi Covid-19, maka dari itu sangatlah penting dalam disiplin Prokes. “Saya himbau agar masyarakat jangan sampai abai atau meninggalkan Prokes Covid-19,” jelasnya, Selasa 27 Juli 2021.

Menurutnya bahwa kegiatan vaksinasi tahap 2 yang dilaksanakan Polres Madiun ini yakni untuk mendukung percepatan Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Kegiatan penyuntikan vaksin ini selain dilakukan oleh tim dokter kesehatan Polres Madiun, juga melibatkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun.

“Kita bersyukur, karena hingga saat ini masyarakat makin antusias terhadap program vaksinasi. Karena semakin banyak yang di vaksin, maka Herd Immunity akan segera terwujud. Jadi semakin banyaknnya masyarakat Kabupaten Madiun yang telah di vaksin, dapat menurunkan tingkat penularan Covid-19 dan mengentaskan Kabupaten Madiun dari pandemi Covid-19,” terang AKBP Jury Leonard Siahaan.

Ia mengungkapkan dalam kegiatan vaksinasi tahap 2 ini, sebanyak 5140 peserta atau warga Kabupaten Madiun telah mengikuti vaksinasi tahap 1 yang digelar pada tanggal 26 Juni 2021 lalu. Kali ini sebanyak 5140 peserta vaksinasi tahap 1, juga akan mendapatkan vaksinasi tahap 2.

“Selain dilaksanakan di Polres Madiun, juga serentak digelar di 13 Polsek jajaran. Sedangkan masing-masing Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Madiun akan diikuti sebanyak 370 peserta atau warga Kabupaten Madiun yang sebelumnya telah mendapatkan vaksin tahap 1,” tandasnya.*(ajun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed