oleh

Sudah Penuh,Makam Covid-19 TPU Muslim Tegal Alur Ditutup Sementara

JAKARTA – Lonjakan angka kematian akibat Virus Covid 19 kian hari semakin meningkat,hal itu berdampak pada ketersediaan Lahan pemakaman khusus jenazah Covid-19 yang muslim di TPU Tegal Alur, Kalieres Jakarta Barat di tutup sementara.

Wawin Wahyudi mengatakan,untuk pemakaman Covid -19 yang muslim sudah penuh dan hanya melayani jenazah Covid 19 dengan sistem tumpang

“Hingga saat ini, TPU Tegal alur untuk unit muslim Covid 19 sudah full.Dan untuk muslim bisa dilayani dengan sistem tumpang,” kata Wawin wahyudi, saat dimintai konfirmasi wartawan.Selasa (12/1/2021).

Wawin menjelaskan sistem tumpang yang dimaksud yakni dengan menumpangkan jenazah Covid -19 ke makam jenazah anggota keluarga atau orang yang dikenal. Namun, kata Wawin, sistem tumpang hanya bisa dilakukan atas persetujuan atau izin dari pihak keluarga.

“Keluarga A misal ada makam di TPU Tegal Alur lantas sekarang ada keluarga yang meninggal karena Covid-19.Nah jenazah tersebut bisa dimakamkan tumpang di makam Si A, tentunnya atas permohonan keluarga dan kesepakatan keluarga semua. Begitupun kalau ada tetangganya yang meninggal dimakamkan di sana lalu mau ditumpangkan ke sana jenazahnya boleh saja asal ada kesepakatan dari kedua pihak keluarga,” jelasnya.

Wawin menuturkan masih ada satu hingga dua makam untuk jenazah COVID muslim. Tapi, kondisi lahan tidak bagus karena berada di kawasan rawa.

“Ada satu-dua yang tertinggal tempat pemakaman muslim,tapi medannya belum memungkinkan karena rawa, empang. Kalau sudah selesai dilakukan penurapan baru aman,” tuturnya.

Sementara itu kepala pemkaman Unit Kristen TPU Tegal Alur Haris Fadilah juga mengatakan,untuk pemakaman yang muslim sudah di tutup dari kemaren.

“Sepengetahuan saya untuk pemakman Covid 19 yang muslim sudah di tutup sementara karena sudah penuh.”ucaonya di lokasi pemakaman 13/1/2021)

Namun untuk pemakaman Covid -19 yang kristen masih tersedia sesikit lagi,sekitar seratus makam lagi.

“Di area pemakaman Covid-19 yang kristen masih ada sedikit lagi,ada sekitar seratus makam lagi.”katanya.*(hl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed