oleh

Di Tengah Pandemi Covid-19, Pengamanan Nataru 2021 Fokus Pada Potensi Kerumunan

DimensiNews.co.id, KOTA MALANG-Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020-2021 tahun ini semakin diperketat terutama protokol kesehatan karena di tengah pandemi Covid-19.

Dalam hal ini, sekitar 800 personel gabungan dari TNI-Polri, serta instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tengah disiapkan untuk pengamanan tersebut.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Harapantua Simarmata Permata, menjelaskan beberapa hal yang difokuskan dalam pengamanan oleh petugas kali ini terkait ancaman tindak pidana terorisme dan potensi kerumunan di masa pandemi Covid-19.

“Kita menyiapkan 3 pos pengamanan dan 2 pos pelayanan, di samping juga pos-pos pantau lainya. Dan kami sepakat, besok akan kita lakukan pengecekan ke tempat-tempat ibadah. Utamanya tempat ibadah dengan jumlah yang besar. Sekaligus pengecekan pos pengamanan dan pos pelayanan,” terang Kapolresta Malang Kota, Rabu (23/12/2020).

Di setiap pos-pos pengamanan dan pos pelayanan, nantinya menurut Leo pihaknya akan memaksimalkan pula untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Dalam hal ini, petugas telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang untuk ketersediaan obat-obatan hingga rapid test.

“Ini kita lakukan terus (pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan Covid-19), termasuk di pos pengamanan itu kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, akan disiapkan obat-obatan dan juga alat kesehatan, seperti rapid test,” imbuhnya.

Di samping itu, terkait Operasi Yustisi juga akan lebih dimaksimalkan. Dalam sehari saja, kata Leo, paling tidak ada 5 kali operasi gang petugas gabungan. Bahkan, pelaksanaan operasi yustisi terus menyasar hingga ke tingkat kecamatan.

“Operasi yustisi satu hari kita lakukan kurang lebih 5 kali, termasuk di kecamatan-kecamatan. Ini tetap kita galakkan, karena kita tidak bisa mengambil risiko. Kalau kita tidak ada operasi yustisi ini, otomatis pasti akan ada penumpukan-penumpukan dan malah menimbulkan penambahan dari pada kluster-kluster lainnya,” jelasnya.

Tak hanya itu, patroli untuk antisipasi tindak pidana terorisme juga menjadi satu fokus pengamanan di momen Nataru kali ini. Polresta Malang Kota juga menerjunkan tim khusus untuk mengantisipasi kerawanan ini.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed