by

Tinggalkan Kebiasaan Tidak Baik Dalam Menyikat Gigi

Dimensinews.co.id,Jakarta — Menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah suatu keharusan. Gigi yang jarang dibersihkan tentu membawa berbagai masalah, selain dapat menimbulkan penyakit juga dalam segi kecantikan dipandang tidak elok. Idealnya membersihkan gigi dilakukan minimal dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun, tahukah Anda ada beberapa kebiasaan menyikat gigi yang tidak baik dan dapat menimbulkan kerusakan gigi?. Berikut ini faktapers paparkan kebiasaan yang tidak baik dalam menyikat gigi yang harus dihindari:

  • Salah Memilih Jenis Sikat Gigi.

Cermat dalam memilih jenis sikat gigi adalah hal pertama yang harus dilakukan. Sebab, kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan jenis sikat gigi. Ada tiga jenis tingkat kelembutan sikat gigi, yaitu extra soft, soft, dan medium soft. Dan Para ahli menyarankan memilih jenis sikat gigi extra soft dan soft.

  • Penggunaan Pasta Gigi

Umumnya orang menggunakan pasta gigi di sepanjang sikat giginya. Padahal hal tersebut menyalahi aturan. Idealnya gunakan pasta gigi hanya sebesar biji kacang atau sebatas ujung sikat gigi.

  • Menyikat Gigi Dengan Cara Yang Salah

Banyak orang menyikat gigi ke arah samping. Padahal hal ini jelas-jelas salah, sebab selain dapat mengakibatkan kerusakan enamel gigi, sikat gigi pun tidak dapat menjangkau kotoran di sela-sela gigi. Cara menyikat gigi yang benar yaitu ke arah atas dan bawah dengan gerakan memutar.

  • Menyikat Gigi Dengan Waktu Yang Lama.

Banyak orang menganggap menyikat gigi dengan waktu agak lama dapat membersihkan gigi dengan maksimal. Namun, sebenarnya anggapan itu salah. Sebab, menyikat gigi dalam waktu yang lama dapat merusak enamel gigi.

  • Lidah Yang Terlupakan.

Selain gigi, lidah pun harus diperhatikan kebersihannya. Sebab, bakteri penyebab bau mulut tidak hanya bersarang pada gigi, tetapi juga pada lidah. Jadi, jangan lupa setelah menyikat gigi, bersihkan lidah dengan pembersih lidah.

  • Lamanya Penggunaan Sikat Gigi.

Idealnya sikat gigi digunakan maksimal sampai tiga bulan sejak pemakaian pertama. Sikat gigi yang masa pemakaiannya lebih dari tiga bulan tidak akan maksimal dalam membersihkan gigi. Sebab, jika gigi kurang bersih tentu menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut bahkan bisa mengakibatkan sakit tenggorokan.

(AF)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed