Ingin Tubuh Sehat? Tidurlah Dalam Keadaan Gelap

Dimensinews.co.id,Jakarta — Tidur merupakan rutinitas yang biasa terjadi ketika malam tiba. Semakin malam otak memberikan sinyal kepada tubuh dengan rasa kantuk untuk beristirahat setelah beraktifitas yang melelahkan di siang hari. Sehingga, pada pagi harinya tubuh akan terasa segar dan dapat beraktifitas seperti biasanya. Namun, untuk dapat memetik manfaat lebih, disarankan untuk tidur dalam keadaan benar-benar gelap.

Ternyata tidur akan terasa lebih nyenyak dalam keadaan gelap. Selain dapat menghemat daya listrik, justru dalam suasana gelaplah tubuh dapat menghasilkan hormon melatonin dengan optimal.

Apa itu hormon melatonin?. Hormon melatonin bisa disebut juga ratunya hormon. Hormon melatonin mengatur segala hormon yang berfungsi di dalam tubuh. Sehingga menjaga kadar hormon melatonin dalam keadaan normal amat diperlukan. Hormon melatonin berfungsi untuk menjaga kinerja metabolisme sel tetap optimal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh (regenerasi sel), memperbaiki gangguan perasaan (mood), memperlambat penuaan dini, mendorong antioksidan bekerja memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, membantu tubuh untuk memerangi sel kanker dan menekan mekanisme pertumbuhannya.

Jangan salah, produksi hormon melatonin ini justru dipengaruhi tingkat intensitas cahaya yang tubuh terima. Artinya, semakin gelap ruangan tempat tidur (tanpa ada titik cahaya sedikit pun), maka semakin banyak tubuh memproduksi hormon melatonin. Waktu tidur yang baik adalah jam 8 atau 9 malam, sebab pada jam tersebut tubuh mulai memproduksi hormon melatonin dan mencapai puncaknya pada pukul 11 sampai 2 pagi, serta berangsur-angsur berkurang menjelang pagi hari.

Jika Anda memilki kebiasaan tidur dalam keadaan tv menyala, maka segera tinggalkan kebiasaan itu. Cahaya yang ada dalam ruangan tidur dapat menembus kulit mata meski dalam keadaan terpejam sekalipun, sehingga otak memberikan sinyal kepada organ-organ tubuh yang seharusnya istirahat untuk tetap aktif. Itulah sebabnya, terkadang ada yang mengeluhkan tubuh kurang segar ketika bangun tidur meskipun waktu tidurnya cukup.

Disarankan untuk tidak meminum minuman yang mengandung kafein menjelang tidur, seperti cokelat, kopi, minuman soda, dan teh. Sebab, minuman tadi dapat mengurangi 50% kadar hormon melatonin dalam tubuh, dan efeknya dapat bertahan selama 6 jam di dalam tubuh.

Jika tubuh kekurangan hormon melatonin dapat mengakibatkan keletihan, sulit konsentrasi, daya tahan tubuh menurun, dapat meningkatkan resiko kanker, sakit kepala, susah tidur (insomnia), mudah terserang berbagai penyakit, mempercepat penuaan dini, dan lain sebagainya.

Jadi, mulai sekarang biasakan tidur dalam keadaan gelap ya..

(AF)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial