oleh

Pemprov DKI Larang Pengunaan Kantong Plastik Mulai Hari Ini, Pelanggar Didenda Rp 25 Juta

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Pelarangan penggunaan kantong plastik di Jakarta mulai berlaku pada Rabu (1/6/2020) hari ini. Bagi pelanggar akan dikenakan sanksi berupa teguran hingga denda Rp 25 juta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, pelarangan ini diatur dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Pengguaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

Pergub yang diteken Gubernur Anies tahun lalu itu melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di toko swalayan, pasar, mal dan tempat transaksi lainnya.

Andono mengatakan, sanksi bagi pelanggar Pergub ini terbagi ke beberapa tahapan.

“Pemberian sanksi dilakukan berjenjang, dimulai dari pengelola yang menerbitkan surat teguran apabila ditemukan pelaku usaha di pusat perbelanjaan yang mereka kelola tidak melakukan kewajiban sesuai ketentuan,” ujar Andono kepada wartawan, Rabu (1/7/2020).

Tahapan awal, sanksi teguran akan diberikan tiga kali. Teguran pertama berlaku 14 kali 24 jam atau 14 hari, kedua berlaku 7 kali 24 jam atau 7 hari, dan yang terakhir adalah 3 kali 24 jam atau 3 hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed