by

Ini Besaran Pembayaran Zakat di Kabupaten Sarolangun

DimensiNews.co.id, SAROLANGUN- Proses pembayaran zakat fitrah tahun 2020 ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Dimana para petugas penerima zakat harus memperhatikan protokol kesehatan menggunakan masker, sarung tangan, dan jaga jarak.

Kepala Kantor Kementrian Agama Sarolangun, Syatar mengatakan, untuk sistem pembayaran zakat ini, pihaknya berupaya untuk mengikuti protokol kesehatan.

Pembayaran dilakukan oleh panitia atau amil zakat yang susah dibentuk melalui SK Desa dan Lurah. Pembayaran pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena amil zakat nantinya akan mendatangi para pemberi zakat.

“Kita imbau masyarakat, sistem pembayaran zakat fitrah kepada panitia amil zakat yang sudah dibentuk agar panitia lebih pro aktif. Artinya panitia yang mendatangi untuk memungut zakat dan dengan langsung  menyalurkannya, panitia yang bergerak. Ini menghindari terjadi perkumpulan massa, ini rentan dengan wabah virus Covid-19,” katanya. Senin (11/5).

Adapun besaran pembayaran zakat di wilayah Sarolangun ada tiga tingkatan, pertama ada Rp 53. 200 untuk  kelas 1, sedangkan kelas II Rp 45.600, dan terendah Rp 38 ribu.

“Klasifikasi berdasarkan makanan atau beras yang dikonsumsi sehari-hari,” ujarnya. (sanu) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed