by

Menimbun dan Produksi Hand Sanitizer Tanpa Izin, Dua Pelaku Diringkus Polisi

DimensiNews.co.id, BEKASI- Pelaku berinisial HU dan YU diringkus Polres Metro Bekasi Kota akibat memproduksi hand sanitizer dalam jumlah besar, mereka juga menjalankan usahanya tanpa izin produksi yang berlokasi di kediaman pelaku yaitu di daerah Taman Sriwiya, Lippo Cikarang, Cikarang Selatan.

“Kami amankan dua pelaku yang dengan sengaja menimbun dan memproduksi hand sanitizer tanpa izin,” ujar Arlon Sitinjak, Kasat Narkoba Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi di Cikarang, Senin (6/4/2020).

Ia mengatakan, kedua pelaku ditangkap di tempat berbeda. HE diringkus di kediamannya, Taman Sriwijaya, Lippo Cikarang, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan YU di tempat tinggalnya, Jalan Alam Permai 5, Perumahan Oakwood.

Petugas juga menyita sejumlah barang bukti berupa satu dus berisi ribuan botol kosong untuk wadah hand sanitizer, puluhan jerigen ukuran besar berisi cairan hand sanitizer, 220 plastik kosong, serta dua alat pompa dan juga berbagai komposisi dari hand sanitizer dalam jumlah besar yang kini sudah diamankan petugas.

Kedua tersangka dijerat hukuman berlapis dengan Pasal 107 Ayat (1) juncto Pasal 29 Ayat (1) dan/atau Pasal 106 juncto Pasal 24 Ayat (1) tentang tindak pidana pelaku usaha yang menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang.

Kemudian Pasal 107 UU Nomor 07 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan atau Pasal 196 UU 36/2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukuman maksimal dari kedua pasal itu yakni 5 tahun penjara dan denda Rp 50 miliar. (Ayu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed