oleh

Fokus Tangani Covid-19, Pemkab Aceh Utara Gelontorkan Anggaran 2 Milyar

DimensiNews.co.id, ACEH UTARA- Selain membentuk Tim Gerak Cepat penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara juga menggelontorkan atau ploting anggaran sebesar Rp 2 Milyar untuk menangani penyebaran virus corona.

“Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib sudah memerintahkan untuk memploting anggaran darurat bencana Corona Virus Desease (Covid-19) sebesar Rp 2 Milyar,” ungkap Sekretaris Dinkes Aceh Utara, Khalmidawati, M. Kes., Senin (23/3) kepada sejumlah wartawan.

Ia menjelaskan, ploting anggaran untuk kebencanaan itu dialihkan dari DAK fisik dan non fisik, namun agar penggunaan anggaran itu bisa dipertanggungjawabkan, maka akan dilakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BKPD).

“Selain berkoordinasi dengan BKPD, selaku penanggung jawab anggaran juga akan berkonsultasi ke Pemerintah Aceh agar penggunaan anggaran bencana itu tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” katanya.

Khalmidawati juga menambahkan, kebutuhan anggaran sebesar 2 Milyar itu merupakan persedian awal guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Andree Prayuda, dalam konferensi pers kepada wartawan mengatakan, anggaran itu sudah ada. Namun untuk penggunaannya akan dilakukan konsultasi dengan Pemerintah Aceh.

“Konsultasi penggunaan anggaran itu harus dilakukan agar pelaksanaannya nanti tidak menimbulkan masalah hukum,” katanya.

Ia menambahkan, dana tersebut akan digunakan untuk sejumlah kebutuhan mendesak terkait dengan penangkalan penyebaran virus tersebut, baik untuk Dinas Kesehatan, Puskesmas, maupun untuk RSUD Cut Meutia. (Halim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed