oleh

Polda Metro Jaya Amankan 1,3 Ton Ganja dan Tangkap 19 Tersangka

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana, beserta jajaran menunjukkan barang bukti 1,343 ton ganja hasil operasi selama dua bulan. Selain itu, polisi juga berhasil menemukan ladang ganja hingga mengamankan 19 orang tersangka terkait kasus tersebut.

“Ini hasil pengungkapan kasus narkoba jenis ganja yang kami laksanakan pada kurun waktu dua bulan terakhir, periode Desember 2019 dan Januari 2020,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/1).

Nana menjelaskan, dalam operasi selama dua bulan ini ada 19 orang tersangka yang diamankan. Namun, satu diantaranya ditembak hingga tewas karena melakukan perlawanan.

“Dari hasil keterangan para tersangka, mereka akan mengedarkan narkoba jenis ganja di wilayah Polda Metro Jaya ini. Dari beberapa informasi dan masukan dan hasil lidik Direktorat Narkoba, kami menyita barang bukti dengan total sebesar 1,343 ton,” ungkap Nana.

Setelah melakukan penyelidikan lebih dalam, tim bergerak ke sebuah ladang di hutan wilayah Mandailing Natal, Sumatra Utara. Ladang ganja tersebut berada di tengah hutan dan perjalanan membutuhkan waktu 6 jam berjalan kaki.

“Kemudian diperoleh informasi di Mandailing Natal disampaikan ada ladang ganja. Di sana ditemukan lima hektare dengan pohon ganja ukuran 150 cm sampai 200 cm. Jadi di ladang ganja tersebut sudah siap dipanen,” kata Nana.

Saat ini, Nana menambahkan, tim Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk mengembangkan kasus tersebut. Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 2, subsider Pasal 111 ayat 2 junto Pasal 132 ayat 1 UU No 35/2009 tentang narkotika. Para tersangka terancam hukuman penjara seumur hidup. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed