oleh

Soal Kenaikan Tarif BPJS Kelas III, Menkes: Keputusan Hari Senin

DimensiNews.co.id, JAKARTA- Anggota Komisi IX DPR RI mendesak Menteri Kesehatan Dokter Terawan untuk meninjau kembali peraturan kenaikan tarif BPJS Kelas III.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Terawan menyampaikan, kenaikan tarif BPJS akan dibahas kembali dengan Komisi IX DPR RI, dan naik atau tidaknya akan diputuskan pada hari Senin 20 Januari 2020 nanti.

“Untuk keputusan kelas 3 akan diadakan rapat dengar pendapat dengan DPR.  Rapat kerja hari Senin, keputusannya ada di sana,” kata Terawan di acara FGD bersama Gerindra di Komisi IX, Gedung Nusantara I, Komplek Senayan, Jumat (17/1).

Setelah mendengar pernyataan anggota dewan nantinya juga akan mendengarkan penjelasan dari BPJS mengenai alasan menaikkan tarif kelas III BPJS Kesehatan.

“Karena yang memutuskan di rapat kerja itu adalah kita ingin mendengarkan BPJS mau menjawab apa di sana. Karena itu rekomendasi yang diberikan untuk ditindaklanjuti oleh BPJS,” ucapnya.

“Jadi, keputusannya besok Senin apa yang mau dilakukan. Menkes bersama DPR, Komisi IX dan BPJS sudah menyepakatinya. Besok hari Senin itu apa jawabannya,” tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah menaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan per 1 Januari 2020. Keputusan ini disesalkan banyak pihak, terlebih turut naiknya iuran BPJS Kesehatan Kelas 3.

Besarnya kenaikan tersebut, adalah:
Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Peserta Mandiri Kelas 3 naik dari Rp 25.500 menjadi Rp 42.000 per jiwa.
Kemudian, Kelas 2 naik dari Rp 51.000 menjadi Rp 110.000 per jiwa.
Selanjutnya, Kelas 1 naik dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000 per jiwa. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed