by

Diduga Korupsi Dana Desa, Mantan Kades dan Sekdes Batu Putih Ditahan Kejari Sarolangun

DimensiNews.co.id SAROLANGUN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sarolangun menahan Mantan Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes) Batu Putih Kecamatan Pelawan , Dalam kasus penyelewengan dana desa (DD) anggaran tahun 2012-2013

Kasi Pidsus Kejaksaan Negri Sarolangun Atik Aryosa Saat pada wartawan di ruang kerjanya mayebutkan,Ini merupakan tahap dua kasus korupsi di Desa Batu Putih tahun anggaran 2012 dan 2013,

“Kasus ini dilimpahkan dari hasil penyidikannya Polres Sarolangun dari anggaran Dana Desa,” Ucapnya, Kamis (10/10).

Atik juga menyebutkan, terhadap pelimpahan berkas perkara ini tersangka dan barang bukti, ada dua berkas. Satu atas nama Karyon sebagai Kepala Desa dan kedua atas nama Ujang Juhana sebagai Sekretaris desa pada tahun 2012 dan 2013.

Dalam hasil penyelidikan perkara penyalahgunaan anggaran dana desa tersebut yang di lakukan pihak polres sarolangun dan hasil audit BPKP total ketugiam negara sebesar Rp 114.826.000.

“Jadi Dengan hal terkait kades dan sekdes Dugaan ada perbuatan korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sebesar seratus juta lebih. Semuanya akan kita uji nanti di persidangan, termasuk apakah akan ada kemungkinan lebih dari angka yang telah ditemukan Ini.” Ujar Atik.

Ia menjelaskan, sesuai penghitungan dari BPKP dan sudah di audit. Pihaknya akan buktikan itu. Dengan tahap duanya ini ia sudah menanyakan kepada kepala desanya, dimana dia mengakui bahwa ada pekerjaan yang tidak selesai dan dia juga bersedia untuk mengembalikan kerugian negara.

Untuk keduanya, sebagaimana surat sangkaan oleh pihak Kepolisian dan yang akan kami dakwakan yaitu pasal 3 dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan atau denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp1 miliar.

Atau pasal 9 ancamannya pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun pada Undang-Undang Tipikor. Dan yang bersangkutan akan ditahan 20 hari ke depan. (Sanu)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed