oleh

Perlengkapan Bulu Tangkis yang Harus Disiapkan Sebelum Mulai Bermain

OLAH RAGA – Apakah Anda pecinta bulu tangkis? Ternyata selain karena peralatan olahraga bulu tangkis yang dibutuhkan cukup murah, olahraga satu ini juga cukup ringan sehingga semua usia bisa melakukannya. Agar olahraga ini nyaman dilakukan, Anda harus punya peralatan yang lengkap.

Ada 5 Perlengkapan Bulu Tangkis yang Biasa Digunakan

Biasanya banyak orang yang lebih suka melakukan olahraga bulu tangkis secara indoor agar terhindar dari embusan angin yang bisa mengganggu permainan. Sebelum melakukan olahraga ini, Anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan dan peralatan penting berikut ini.

1. Raket
Perlengkapan bulu tangkis pertama yang cukup penting dan harus Anda punyai adalah raket. Raket sendiri merupakan alat yang digunakan untuk memukul shuttlecock dalam olahraga bulu tangkis. Standarnya raket memiliki ukuran panjang 67,95 cm, panjang kepala raket 29,21 cm, dan lebar frame 22,86 cm. Sementara itu, untuk berat raket biasanya ukurannya cukup bervariasi.

Berbeda dengan orang yang sering melakukan olahraga bulu tangkis, sebagai seorang pemula mungkin Anda akan sedikit bingung dalam mencari raket bulu tangkis yang bagus. Triknya, pilihlah raket yang memiliki kekakuan shaft menengah dan yang sedikit lembut. Namun, jika sebagai pemula Anda masih belum terbiasa dengan raket kaku,

Anda bisa memilih raket yang tidak terlalu kaku. Pasalnya, orang yang belum terbiasa dan melakukan teknik memukul yang salah biasanya akan mengalami rasa sakit di bagian tangan mereka.
Selain memperhatikan bagian raketnya,

Anda juga perlu memilih raket dengan senar yang bagus. Untuk pemula, pilihlah raket dengan tarikan senar 22-24 Lbs. Hal ini dikarenakan mereka yang pemula belum memiliki power sehingga akan lebih baik jika memilih tegangan senar yang tidak terlalu tinggi. Untuk merek raket sendiri, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

2. Sepatu Bulu Tangkis
Peralatan olahraga bulu tangkis berikutnya adalah sepatu. Alas kaki andalan saat olahraga ini berfungsi untuk menjaga kaki agar tidak cedera ketika melakukan gerakan bulu tangkis yang cukup aktif, mulai dari gerak maju, mundur, samping kanan, dan juga samping kiri.

Sepatu bulu tangkis memiliki perbedaan mendasar dengan sepatu yang digunakan untuk olahraga lain. Ketika memilih sepatu perhatikan bagian rubber atau karet yang ada pada tapak sepatu, hal ini berguna agar sepatu tidak licin saat digunakan. Selain itu, pilih juga sepatu yang memiliki bantalan medium. Penting juga untuk memperhatikan lengkungan pada kaki Anda. Jika lengkungan kaki Anda rendah, maka pilihlah sepatu dengan bantalan yang tidak terlalu tinggi.

Sebaliknya, jika lengkungan kaki Anda tinggi, maka pilihlah sepatu yang memiliki bantalan yang lebih tebal. Terakhir, pilihlah sepatu dengan bagian insole yang terbuat dari busa lembut agar kaki terasa nyaman ketika menyentuh lantai lapangan setelah melompat.

3. Lapangan
Selain peralatan di atas, Anda juga harus menyiapkan lapangan bulu tangkis baik outdoor maupun indoor sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memilih lapangan indoor, Anda bisa menyewa GOR badminton per jam dengan harga yang bervariasi.

Pada umumnya, lapangan indoor dengan lantai kayu disewakan dengan harga Rp. 30 ribu per jam. Sementara itu, lapangan yang menggunakan karpet atau vinil biasanya memiliki harga sewa rata-rata Rp. 35 ribu ke atas. Jadi, pilihlah lapangan indoor sesuai kebutuhan dan juga bujet yang Anda punya.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan halaman yang cukup luas atau lapangan olahraga sebagai lapangan outdoor untuk melakukan olahraga bulu tangkis. Di mana pun tempatnya, baik indoor maupun outdoor, selagi ukuran yang Anda gunakan tetap sesuai standar internasional dengan panjang keseluruhan 13,40 m dan lebar 6,10 m sebenarnya tidak akan ada masalah.

Kesimpulannya, lapangan merupakan hal yang harus disiapkan hanya saja tidak wajib. Pasalnya jika hanya untuk olahraga biasa, Anda bisa melakukan bulu tangkis di mana saja bahkan tanpa lapangan standar sekalipun.

4. Jaring dan Tiang Net
Dalam permainan bulu tangkis, jaring yang digunakan sebagai pembatas antar area pemain terbuat dari tali yang halus dan biasanya berwarna hijau tua. Dalam sebuah pertandingan resmi, jaring yang digunakan biasanya memiliki ukuran panjang net standar 610 m dan lebar 76 cm.

Selain jaring, Anda juga harus menyiapkan tiang net yang terbuat dari bahan yang cukup kuat seperti besi. Tiang net yang digunakan biasanya berbentuk bulat dengan diameter 3,8 cm dan jaring harus dipasang kuat dan lurus pada ketinggian 1,524 m.

5. Shuttlecock atau Kok
Peralatan olahraga bulu tangkis yang terakhir adalah shuttlecock atau yang biasa disebut kok. Kok adalah bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis dan merupakan peralatan yang wajib disiapkan sebelum melakukan olahraga bulu tangkis. Kok terbuat dari bulu angsa yang dirangkai hingga berbentuk kerucut terbuka.
Berat dari kok biasanya antara 4,47 gram hingga 5,50 gram. Perlu Anda tahu juga bahwa biasanya kok yang digunakan dalam latihan outdoor akan berbeda dengan kok yang digunakan dalam latihan indoor.

Karena kondisi di lapangan outdoor lebih berangin sehingga kok yang digunakan akan lebih berat agar lebih mudah dikontrol.

Saat ini, Anda bisa membeli shuttlecock dengan mudah secara online di e-commerce. Salah satunya https://www.blibli.com/jual/shuttlecockkoleksi lengkap untuk semua kebutuhan Anda dengan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan pastinya terpercaya.

Ditambah lagi dengan adanya berbagai promo dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia yang tentunya menggiurkan.

Itulah beberapa peralatan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga bulu tangkis. Meskipun memiliki banyak kesibukan, olahraga tetap harus disempatkan. Tidak perlu olahraga berat, banyak olahraga ringan dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah bulu tangkis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed