oleh

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Disambut Antusias Warga di Pulau Terluar Banten

SERANG- Dukung pemerintah dalam penanggulangan pandemi, Jajaran TNI-Polri gencar melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19. Kali ini Akabri angkatan 1999 yang juga dikenal dengan Base 99 bersama Polda Banten menggelar serbuan vaksinasi sekaligus pembagian sembako kepada masyarakat Pulau Sangiang, di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Minggu (10/10/2021).

Perjalanan 8 mil ke pulau terluar di Banten itu ditempuh dengan menggunakan kapal Ditpolairud Polda Banten Tipe C2 No. Lambung 2014.

“Pelaksanaan vaksinasi dan penyerahan sembako ini merupakan implementasi dari perintah Kapolri dan Panglima TNI yang memotivasi tiap angkatan di Akabri menggelar vaksinasi dan bantuan sosial ke masyarakat terdampak Covid-19,” kata Ketua Panitia Kombes Pol Calvijn Simanjuntak melalui keterangannya, Minggu (10/10/2021).

Kegiatan vaksinasi yang di gelar di Balai Desa Cikoneng itu disambut antusias tinggi dari masyarakat lokal yang belum pernah vaksin.

“Kami optimis masyarakat di Pulau Sangiang akan mendukung vaksinasi 100% populasi sehingga kekebalan komunalnya pun menjadi sempurna,” kata Kombes Pol Calvijn Simanjuntak.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengaku senang kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sukses meski harus melakukan berbagai upaya agar masyarakat mau divaksin.

“Perlu treatment dan komunikasi intens untuk meyakinkan masyarakat Pulau Sangiang agar mau divaksin, dan hari ini kita bersyukur melihat antusiasme masyarakat setempat menyukseskan program vaksinasi ini,” kata Shinto Silitonga.

Diketahui, Pulau Sangiang merupakan salah satu lokasi wisata di Kabupaten Serang yang sering dikunjungi wisatawan lokal.

Shinto berharap dengan adanya program vaksinasi kegiatan ekonomi di pulau wisata itu bisa perlahan bangkit kembali.

“Kita optimis bahwa vaksinasi yang dilakukan di Pulau Sangiang ini akan memotivasi pelaku usaha wisata untuk bangkit kembali dan wisatawan akan kembali intens berkunjung ke Pulau Sangiang untuk menikmati keindahan alam baharinya dengan sehat dan disiplin protokol kesehatan,” ujar Shinto Silitonga.

Kegiatan vaksinasi tersebut diikuti 56 warga, 46 orang berhasil divaksin dan 10 orang diantaranya belum layak vaksin karena faktor kesehatan.

Selain itu, Polda Banten bersama Akabri 1999 juga telah menyalurkan 105 paket sembako kepada masyarakat sekitar.

“Target kami tercapai dengan vaksinasi 46 orang, 10 diantaranya tertunda karena faktor kesehatan, dan sembako yang telah disiapkan pun telah disalurkan kepada 105 warga,” ucap Shinto Silitonga.

Terakhir, Shinto Silitonga mengimbau masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan meski sudah vaksin. Dia mengajak masyarakat membiasakan diri menggunakan masker di tempat umum, mencuci tangan dan menjaga jarak demi mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Bapak Ibu, meski sudah divaksin agar tetap mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ajaknya.*(Fitri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed