oleh

800 Warga Desa Jabung Terima Vaksinasi, Kades: Untuk ibu hamil yang sudah divaksin harus taat prokes

KABUPATEN MALANG-Upaya menekan pandemi Covid-19, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang melakukan percepatan herd immunety dengan pemberian vaksinasi 800 warga.

Dikatakan Kepala Desa Jabung, Anik Srihartatik, bahwa vaksinasi tersebut diperuntukkan warga umum.

“Vaksinasi ini berjenis vaksin Sinovac, yang diberikan untuk warga umum di atas usia 12 tahun, manula juga untuk ibu hamil dan ibu yang menyusui,” terang dia, Senin (20/9/2021) saat ditemui di lokasi vaksinasi.

Menurut dia, untuk hari ini ditargetkan vaksinasi tahap pertama dengan jumlah 800 orang yang mendaftarkan di Kantor Desa Jabung sudah terlaksana.

Sedangkan, tambah dia, sebenarnya kegiatan vaksinasi tersebut masih terus berlanjut hingga mencapai seratus persen.

“Kegiatan vaksin ini, tidak hanya dilaksanakan di kantor desa, hari ini bersamaan dengan vaksinasi di Puskesmas Jabung. Tetapi, untuk Ibu hamil langsung vaksin di kantor desa,” ujar dia.

Di soal mengenai Ibu hamil yang sudah divaksin, Anik berharap, harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) yang artinya apapun semua kegiatannya wajib memakai masker.

Hal ini dikarenakan, Ibu hamil rentan dengan penyakit. Oleh sebab itu, dia meminta Ibu hamil tidak boleh lalai dalam menjaga kesehatan meski sudah divaksin.

“Meskipun sudah divaksin, ibu hamil tidak boleh menyepelekan dalam menjaga kesehatan. 3M harus dilakukan, wajib masker karena ini untuk kesehatan Ibu dan anaknya yang masih dalam kandungan,” tegas dia.

Sarofah, salah satu Ibu hamil yang divaksin

Di tempat yang sama, Camat Jabung, Hadi Sucipto, menjelaskan, sebenarnya untuk pencapaian vaksinasi di wilayahnya terus dilakukan di setiap desa.

Bahkan, imbuhnya, Sabtu (18/9/2021) yang lalu juga dilaksanakan vaksinasi jenis Sinovac untuk 600 warga.

“Jadi 15 desa wilayah Kecamatan Jabung sedang berjalan vaksinasi, ini dilakukan untuk menekan penularan Covid-19. Dari 600 warga yang kemarin divaksin, diantaranya 27 Ibu hamil dan 52 Ibu menyusui,” urainya.

Sementara, menurut dia, untuk percepatan herd immunety di wilayah Kecamatan Jabung masih tahap sekitar 19 persen.

“Saya berharap, vaksinasi ini terus berlanjut hingga mencapai 100 persen khusus di Kecamatan Jabung. Dan, kami terus sosialisasi merubah prilaku warga yang wajib memakai masker untuk menjaga kesehatan dan utamanya mematuhi prokes,” pungkas dia.

Sementara, saat ditemui salah satu Ibu hamil, Sarofah (40) warga Dusun Boro Jabung, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, mengatakan bahwa vaksinasi yang dilakukan tersebut merupakan kemauannya sendiri.

“Saya vaksin ini, atas kemaun sendiri dan mengikuti anjuran dari pemerintah,” ucap wanita yang sedang hamil 7 bulan ini.

Menurut dia, vaksin itu untuk kesehatan dirinya serta anak yang berada dalam kandungan.

“Bagi saya, anjuran vaksin ini aman untuk saya dan anak dalam kandungan ini. Dan, saya sangat percaya,” tandas Sarofah.Putut

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

News Feed