by

DPRD Kabupaten Malang Minta Pemkab Segera Realisasikan Save House

KABUPATEN MALANG– Pemerintah Kabupaten Malang segera mendirikan safe house di masing-masing kecamatan, ini dilakukan dalam upaya keras menekan angka penyebaran pandemi Covid-19.

“Saya minta, Pemkab Malang dapat realisasikan fasilitas kesehatan tingkat pertama di tataran desa,” ujar Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang, Sodiqul Amin, Rabu (14/7/2021).

Menurut dia, Safe house itu bisa menjadi embrio fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama di desa.

Karena, lanjut Amin, sejak pandemi tersebut pelayanan kesehatan sudah dilakukan di desa-desa. Dimana, petugas Puskesmas juga ke desa-desa untuk memantau perkembangan kesehatan warga.

Kesehatan menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat, oleh karena itu, dia menegaskan setelah pandemi ini berakhir, pelayanan kesehatan kepada masyarakat masih bisa didapat walaupun di tingkat desa.

Disoal penganggarannya, dijelaskan Amin, saat ini masih difasilitasi oleh Dana Desa (DD), namun tidak menutup kemungkinan kedepannya rencana tersebut dapat lebih difasilitasi oleh Pemkab Malang.

“Jika rencana faskes di tingkat desa ini bisa terealisasi, maka kedepannya mungkin bisa lebih dikoordinasikan di jajaran di atasnya, atau bisa dianggarkan melalui APBDes, atau mekanisme lain. Artinya, ini sangat bagus untuk jadi awal,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Malang H.M Sanusi mengatakan, Pemkab Malang sangat mendukung usulan tersebut, namun ada beberapa hal yang perlu di kaji terlebih dahulu.

Dijelaskan Sanusi, di wilayah Kabupaten Malang tenaga kesehatan masih kurang. Di sisi lain, menurut dia bahwa kebutuhan dan ketersediaan dalam kesehatan tidak sama.

“Artinya, kita mampu nggak, ini yang perlu dikaji,” singkat dia.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed